Manfaat Ikan Gurame Lengkap, Baik Juga Buat Ibu Hamil

3 min read

Manfaat Ikan Gurame

Apakah Anda pecinta ikan gurame? Ikan gurami atau gurame merupakan salah satu ikan tawar yang banyak peminatnya. Pasalnya, ikan ini memiliki rasa lezat. Tidak hanya cita rasanya saja yang mambuat ketagihan, banyak manfaat ikan gurame lain yang dapat Anda peroleh. Mau tau manfaat apa saja? Yuk, simak ulasannya sampai tuntas.

Berbicara mengenai manfaat ikan gurame, mungkin masih banyak yang menyepelekannya. Padahal kandungan nutrisinya sangatlah tinggi. Tidak heran bukan jika banyak restoran yang menyajikan gurame dengan harga yang lumayan mahal?

Hanya saja, banyak yang kurang menyukainya karena sifat ikannya yang amis serta memiliki banyak duri sehingga kadang mengganggu ketika memakannya.  Biasanya alasan tersebut yang membuat orang jadi malas memakannya.

Manfaat ikan Gurame

Apa Sih Manfaat Ikan Gurame?

Ikan gurame mempunyai kandungan asam amino lengkap dan dapat tercerna oleh tubuh dengan mudah. Masih banyak manfaat lain ikan gurame yang dapat Anda dapatkan ketika mengkonsumsinya. Berikut ulasannya:

Menjaga Berat Badan

Biasanya, ibu hamil akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis apalagi setelah melewati trimester kedua. Untuk mengendalikan  berat badan, salah satunya bisa mengkonsumsi ikan gurame.

Selain bisa mejaga berat badan ibu hamil, ikan ini pun memiliki kandungan protein tinggi sehingga asupan gizinya akan tercukupi.

Menyembuhkan Luka Dengan Cepat

Selain rasanya yang lezat, gurami atau gurame juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Hal tersebut karena kandungan proteinnya berperan sebagai trombloplatin dan fibrinogen.

Dimana kedua unsur tadi memiliki fungsi membekukan darah pada bagian tubuh yang terluka dan dapat membantu membuat  jaringan baru sebagai pengganti jaringan rusak. Oleh sebab itu, proses penyembuhan luka pada tubuh Anda akan lebih cepat.

Baik Bagi Kesehatan Mata

Mengkonsumsi ikan gurame secara rutin dapat bermanfaat bagi kesehatan mata juga lho. Pasalnya, ikan gurame memiliki kandungan vitamin A yang tentunya tidak diragukan lagi bagi kesehatan mata kita. Vitamin A dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah adanya penyakit mata. Seperti, katarak dan rabun.

Menurunkan Resiko Serangan Jantung dan Stroke

Salah satu penyebab kematian dini dan paling sering terjadi di dunia yaitu serangan jantung dan stroke.

Nah, jika rutin mengkonsumsi ikan termasuk ikan gurame secara tertatur, maka resiko terkena serangan jantung akan lebih kecil. Hal itu karena ikan gurame memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi.

Manfaat Ikan Gurame

Mencegah dan Mengobati Depresi

Depresi merupakan suatu kondisi mental yang ditandai dengan adanya kesedihan, suasana hati, hilangnya minat, dan beraktivitas.

Karena dalam ikan gurame memiliki kandungan omega-3, maka dapat melawan depresi secara signifikan dan efektif sebagai obat antidepresan. Orang yang makan ikan secara tertatur akan memiliki depresi lebih lebih kecil.

Mencegah dan Mengobati Rambut Rontok

Apakah Anda sering mengalami masalah kerontokan pada rambut? Jika iya, yuk mulai mengkonsumi ikan gurame secara rutin.

Manfaat Ikan gurame memiliki kandungan vitamin B yang bisa mendorong pertumbuhan rambut dan dapat menurunkan resiko terjadinya kerontokan.

Menghaluskan Kulit

Banyak sekali krim kecantikan yang menggunakan kandungan protein di dalamnya. Hal itu karena protein dapat membantu meregenerasi kulit kita. Protein juga sangat baik untuk penyerapan apalagi  jika terolah oleh tubuh.

Oleh karena itu, apabila Anda ingin tampil cantik, maka konsumsi ikan gurame yang kaya akan protein.

Melindungi Penglihatan di Masa Tua

Kandungan omega-3 pada ikan gurame bisa melindungi dari berbagai jenis penyakit degenerasi makula karena usia.

Degenerasi makula usia merupakan penyebab paling umum gangguan penglihatan dan kebutaan yang terjadi pada orang yang lebih tua.

Perkembangan Otak Janin

Bagi ibu  hamil, manfaat ikan gurame selanjutnya yaitu dapat membantu perkembangan otak janin Anda. Kandungan asam lemak omega 3 yang ada pada gurame sangat penting bagi perkembangan sarafnya.

Jika Anda rutin mengkonsumsi ikan satu ini, maka kualitas otak janin bahkan perkembangan tubuhnya pun akan jauh lebih baik.

Membantu Mengeluarkan Hormon Serotonin

Mungkin Anda pernah mendengar ASI booster paling ampuh yaitu seorang ibu yang bahagia?

Tahukah Anda jika manfaat ikan gurame bagi ibu menyusui bisa melepaskan hormon serotin yang mengatur suasa hati?

Apabila tubuh mengeluarkan hormon serotin, maka Anda pun akan sembuh dari stres dan langsung merasa bahagia. Hormon ini muncul berkat vitamin D yang terkandung dalam ikan gurame.

Mencegah Penyakit Cachexia

Penyakit Cachexia merupakan salah satu jenis penyakit serius terkait kekurangan protein.

Biasanya, orang yang terkena penyakit cachexia akan merasa gampang lelah, meskipun hanya melakukan aktivitas ringan.

Gejalanya sendiri ditandai dengan penurunan berat badan secara signifikan, penipisan otot, bahkan paling parah terkena kanker hati, lambung, dan usus.

Nah, mengkonsumsi ikan gurame secara tertarur bisa mencegah penyakit tersebut.

Mencegah Penyakit Marasmus

Marasmus adalah jenis penyakit kekurangan gizi yang paling sering kita temukan pada balita dengan renta usian 0-2 tahun.

Penyakit ini yaitu retardasi  tubuh dan kurangnya lemak dan juga otot yang ada di bawah kulit.

Oleh karena itu, anak yang menderita penyakit ini pasti memiliki tubuh sangat kurus dan lemas. Bahkan seperti tulang terbungkus kulit namun perutnya besar.

Adanya penyakit ini karena penderita kekurangan makanan bergizi yang mengandung protein dan juga kalori cukup, prematur, genetis, infeksi atau masalah lingkungan.

Menghindari Penyakit Miopi

Miopi merupakan jenis penyakit penglihatan, tepatnya rabun jauh. Penyakit ini dapat menimpa siapapun baik muda sampai tua.

Salah satu penyebab penyakit ini karena kurangnya vitamin A di dalam tubuh sehingga syaraf mata menjadi lemah. Kandungan vitamin A di dalam ikan gurame berkhasiat mengindari penyakit ini.

Setelah mengetahui manfaat ikan gurame di atas, perhatikan juga cara memasaknya sebelum Anda konsumsi. Hindari makan ikan mentah, karena bisa saja terkontaminasi virus berbahaya atau bakteri. Suhu paling baik memasak ikan gurame yaitu 145 F atau sekitar 63 celcius.

Tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi ikan gurame secara rutin bukan? Ternyata banyak sekali manfaat yang baik bagi tubuh kita.

Inilah, Keunggulan Jenis Ikan Cupang Avatar

Semenjak adanya covid, Anda dianjurkan lebih banyak waktu melakukan kegiatan di rumah iya kan? Mulai dari belajar sampai bekerja. Hal tersebut tidak jarang membuat...
Erisa Agustira
1 min read

Beginilah Cara Merawat Ikan Koi yang Benar

Apakah Anda pecinta ikan koi atau ingin mulai merawat ikan yang terkenal mahal ini? Jika iya, penting mengetahui bagaimana cara merawat ikan koi yang...
Erisa Agustira
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *