Inilah, Keunggulan Jenis Ikan Cupang Avatar

1 min read

Sumber gambar : Unsplash.com

Semenjak adanya covid, Anda dianjurkan lebih banyak waktu melakukan kegiatan di rumah iya kan? Mulai dari belajar sampai bekerja. Hal tersebut tidak jarang membuat jenuh. Apalagi jika Anda memiliki hobi pergi ke luar rumah. Untuk menghilangkan kebosanan, kenapa tidak mencoba merawat jenis ikan cupang Avatar saja? Saat ini, kepopuleran ikan cupang, apalagi ikan cupang Avatar sedang kembali trend.

Walaupun memelihara ikan, termasuk ikan cupang bukan hal yang baru lagi, namun beberapa tahun kemarin pemelihara ikan cupang sudah mulai bermunculan. Salah satu ikan cupang paling disorot masyarakat apalagi di Indonesia yaitu cupang Avatar.

Mungkin Anda penasaran, apa saja yang menarik atau keunggulan ikan cupang Avatar ini? Berikut adalah ulasannya.

Keunggulan Jenis Ikan Cupang Avatar

Sebetulnya, ikan cupang Avatar merupakan jenis ikan hasil perkawinan silang dari beberapa jenis ikan cupang lainnya. Persilangan tersebut akhirnya menghasilkan ikan yang begitu cantik. Selain warnanya yang menarik, cupang Avatar juga memiliki beberapa keunggulan lainnya, berikut adalah ulasannya:

·         Tampilan Sisik yang Menawan

Sisik yang ada pada ikan cupang memang berbeda dari jenis lainnya. Tampilan sisiknya berwarna hitam dengan tambahan beberapa totol berwarna biru membuat siapa saja terpana dan langsung teringat dengan keindahan galaxi.

Dengan keunikan warna inilah, juga memiliki nama lain yaitu Black Star Galaxy. Anda tentu mengetahui film Avatar bukan? Nah, warna yang dimiliki ikan cupang Avatar kurang lebih sama seperti peran utama dalam film tersebut. 

·         Proses Persilangan yang Berhasil

Seperti yang tadi telah saya katakan, ikan cupang Avatar termasuk jenis ikan hasil perkawinan silang antara jenis ikan cupang lainnya, sehingga menghasilkan warna dan corak yang menarik. Biasanya, peternak menggunakan jenis ikan cupang plakat karena ikan tersebut paling mudah untuk dibudidayakan.

Namun, siapa sangka awal perkawinan ikan Avatar tidaklah mudah. Tidak sedikit yang mencoba menyilangkan namun gagal. Karena sulitnya perkawinan silang cupang inilah membuat harganya menjadi mahal. Harga pasaran ikan Avatar sendiri bekisar antara 1 sampai 3 juta.

·         Memiliki Beberapa Jenis

Berawal dari 1 jenis variasi saja yaitu hitam dan biru. Saat ini, cukup banyak breeder yang dapat menyilangkan ikan cupang Avatar dengan jenis variasi cupang lainnya. Oleh sebab itu, sekarang muncul beberapa jenis ikan cupang Avatar lain yang memiliki beragam warna.

Misalnya, Avatar red dengan perpaduan warna hitam, merah, dan beberapa totol biru yang terlihat seperti mutiara. Ada lagi Avatar Gordon dengan kombinasi hitam dengan semburat biru. Warna merah yang ada pada Avatar Gordon memang lebih samar. Ikan cupang Avatar Gold yang terlihat elegan dengan perpaduan kuning emas dan juga hitam.

Itulah beberapa keunggulan jenis ikan cupang Avatar yang penting untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Beginilah Cara Merawat Ikan Koi yang Benar

Apakah Anda pecinta ikan koi atau ingin mulai merawat ikan yang terkenal mahal ini? Jika iya, penting mengetahui bagaimana cara merawat ikan koi yang...
Erisa Agustira
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *