Beginilah Cara Merawat Ikan Koi yang Benar

2 min read

sumber gambar : unsplash.com

Apakah Anda pecinta ikan koi atau ingin mulai merawat ikan yang terkenal mahal ini? Jika iya, penting mengetahui bagaimana cara merawat ikan koi yang benar itu seperti apa. Nah, pada artikel ini Anda bisa mendapatkan pengetahuan penting mengenai hal tersebut. Sediakan dulu cemilannya ya, jika sudah yuk check this out.

Cara Merawat Ikan Koi yang Penting Anda Ketahui

Memiliki hewan peliharaan memang merupakan hal yang bisa membuat kita merasa senang iya kan? Salah satunya memelihara ikan koi. Ikan dapat menemani kita bersantai di kolam halaman, atau kolam pinggir rumah sambil bercengkrama dengan pasangan setelah Anda lelah melakukan aktivitas sehari-hari.

Apalagi masa pandemi seperti sekarang yang mengharuskan setiap orang melakukan banyak kegiatan di rumah, tentunya perlu menyediakan media hiburan supaya tidak jenuh. Coba saja Anda bayangkan, kolam dengan banyak ikan koi warna-warni tersebut pasti akan membuat bahagia.

Sayangnya, banyak orang yang memiliki ikan koi namun belum mengetahui bagaimana cara merawat ikan koi dengan benar. Memang sih, dalam merawat ikan koi di rumah ini merupakan suatu hal yang gampang-gampang susah. Untuk memastikan tidak melakukan kesalahan dalam merawatnya, pahami beberapa cara merawat ikan koi berikut ini:

Menyiapkan Kolam Ikan Koi

Cara pertama yang dapat Anda lakukan dalam merawat ikan koi yaitu menyiapkan kolam ikan. Dalam memelihara ikan koi, kolam ikan merupakan bagian penting apabila Anda berniat memeliharanya.

Ikan koin bisa tumbuh besar. Oleh sebab itu, media akuarium tidak akan cukup untuk memelihara ikan satu ini. Kolam merupakan tempat paling tepat dalam memelihara ikan koi supaya perkembangannya maksimal dan mempermudah sirkulasi ikan tersebut.

Pastikan Air di Dalam Kolam Bersih

Setelah menyiapkan kolam, pastikan mengisinya dengan air bersih. Kolam yang telah terisi air bersih perlu Anda diamkan dulu beberapa hari yaitu 2-3 hari hingga bau semen atau cat yang ada pada kolamnya hilang. Ganti dan isi air bersih kembali setelah 2-3 hari itu.

Ketika proses pergantian air di waktu berikutnya, masukan satu sampai dua ikan koi kecil dan lihat bagaimana keamanan kolam tersebut sebelum Anda memasukan semua ikannya.

Karantina Ikan Sebelum Meletakannya ke Dalam Kolam

Langkah selanjutnya dalam cara merawat ikan koi yaitu melakukan karantina sebelum meletakannya ke dalam kolam. Waktu membersihkan kolam dari bau cat atau semen, Anda bisa melakukan karantina sebelum membiarkannya hidup di dalam kolam.

Caranya cukup mudah kok, tinggal letakkan saja ikan tersebut ke dalam ember atau wadah besar. Apabila memungkinkan, batasi jumlah ikan supaya mereka tidak stres.

Memindahkan Ikan Koi ke Dalam Kolam

Sebelum memindahkan ikan koinya ke dalam kolam, pastikan pahami dulu beberapa cara di atas ya? Jika sudah, Anda dapat langsung memindahkan ikan dari wadah tersebut ke dalam kolam.

Namun, perlu Anda pahami ketika memasukan ikan koi dari wadah, sertakan juga air dari wadah tersebut ke dalam kolam. Cara ini dilakukan supaya ikan tidak kaget dan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Membersihkan Kolam Ikan Koi Secara Rutin

Apabila Anda sudah meletakan ikan ke dalam kolam, jangan lupa membersihkan kolam tersebut secara rutin ya? Waktu tepat membersihkan kolam ikan yaitu dua minggu sekali.

Pastikan selalu memantau kolam supaya tidak terjadi sesuatu hal yang tidak Anda harapkan. Misalnya, warna airnya berubah kotor atau kondisi ikan tidak sehat.

Memberi Makan Secara Rutin dengan Jumlah yang Tidak Terlalu Banyak

Ikan koi juga sama seperti mahluk hidup lain yang membutuhkan makan. Ikan koi dapat diberi makan dua kali sehari pagi dan sore hari. Namun, berilah mereka makan dengan jumlah sedikit.

Ikan koi dapat memakan jenis pakan ikan atau pelet, jentik nyamuk, kutu air, atau cacing rambut. Semua pakan tersebut dapat mudah Anda temukan di toko-toko ikan.

Ikan koi memang membutuhkan cara merawat ikan koi yang lebih dari pada jenis ikan hias lainnya. Jika tidak seperti itu, ikan bisa sakit dan akhirnya mati. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan selalu menjaga kebersihan kolam. Karena kebanyakan ikan mati karena adanya bakteri yang berkembangbiak di dalam air kolam. Segera lakukan tindakan cepat, jika melihat adanya hal-hal yang mecurigakan pada ikan koi kesayangan Anda.

Inilah, Keunggulan Jenis Ikan Cupang Avatar

Semenjak adanya covid, Anda dianjurkan lebih banyak waktu melakukan kegiatan di rumah iya kan? Mulai dari belajar sampai bekerja. Hal tersebut tidak jarang membuat...
Erisa Agustira
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *