Tips Cara Merawat Ikan Koi Ini Wajib Untuk Dilakukan

Setiap orang pasti memiliki hewan peliharaan masing-masing. Banyak sekali hewan peliharaan yang bisa anda pelihara seperti ikan, kucing, anjing, burung, kelinci dan lainnya. Namun dari beberapa hewan peliharaan tersebut, yang sering dipelihara atau memiliki banyak penggemar adalah ikan. Ikan air tawar sering dijadikan hewan peliharaan.

Selain menjadi hobi, ikan air tawar juga bisa membuat sebuah ruangan menjadi lebih indah dan menarik. Salah satu ikan yang sering dipelihara adalah ikan koi. Ikan cantik ini sangat bagus jika dijadikan ikan peliharaan, namun anda harus tetap mengetahui tips cara merawat ikan koi didalam akuarium agar tidak mudah mati.

Berikut ini beberapa tips cara merawat ikan koi yang harus anda ketahui:

tips-cara-merawat-ikan-koi-ini-wajib-untuk-dilakukanAerator merupakan pompa udara yang berfungsi untuk memberikan udara didalam akuarium dan juga membuang sisa pernafasan ikan keluar akuarium. Untuk cara merawat ikan koi yang tepat adalah wajib untuk menggunakan Aerator. Pilihlah Aerator yang berkualitas bagus, dengan begitu udara yang dikeluarkan banyak dan hanya memerlukan aliran listrik yang sedikit.

  • Heater dan Thermometer.

Didalam cara merawat ikan koi yang tepat, anda harus menyediakan Heater dan Thermometer. Heater adalah alat pemanas air, digunakan saat air didalam akuarium memiliki suhu dingin. Sedangkan Thermometer digunakan untuk mengukur suhu air yang ada didalam akuarium.Suhu ideal untuk air akuarium adalah 25 hingga 27 derajat Celsius.

Selain Aerator, Heater dan thermometer, peralatan yang diperlukan untuk cara merawat ikan koi yang baik dan tepat adalah Filter/ penyaring air. Filter/ Penyaring air berfungsi untuk menyaring air didalam akuarium agar bersih. Jika anda tidak menggunakan filter, akan kesulitan saat membersihkan dan juga mengganti air didalam akuarium.

  • Lampu TL.

Bagi anda yang mempunyai ikan koi didalam akuarium, wajib ni mempunyai Lampu TL. Lampu TL yang merupakan suatu alat wajib didalam cara merawat ikan koi selain menerangi akuarium juga bisa membuat penampilan akuarium menjadi lebih menarik. Cara penggunaan lampu TL untuk akuarium juga harus diperhatikan, karena sama dengan lampu lainnya, lampu TL bisa menghasilkan energi panas.

Untuk itu pilihlah Lampu TL yang ideal untuk sebuah akuarium yakni 20 watt dengan ukuran 80 x 40 cm. Dengan begitu air didalam akuarium tidak akan terpengaruh besar oleh lampu TL yang bisa membuat air menjadi panas dan tidak cocok untuk ikan koi.

  • Penataan Interior Akuarium.

Salah satu hal terpenting didalam cara merawat ikan koi adalah tetap menjaga kondisi ikan agar tidak stress. Untuk itu sangat perlu membuat lingkungan hidup ikan semenarik mungkin dan senyaman mungkin untuk ikan koi yang anda miliki. Anda bisa memberikan beberapa hiasan didalam akuarium sehingga ikan koi tidak menjadi stress. Banyak sekali hiasan yang tersedia ditoko ikan.

  • Tanaman air.

Sediakan tanaman air didalam akuarium, ikan sangat suka jika terdapat tanaman didalam habitatnya.Dengan begitu ikan merasa nyaman karena merasa berada dialam bebas dan tidak dikekang oleh akuarium. Selain itu tanaman air juga bisa membuat suasana hati ikan menjadi senang sehingga tidak mudah mengalami stress.

Tanaman air juga bisa memperindah penampilan akuarium, sehingga akan membuat ruangan tempat akuarium menjadi lebih cantik.

  • Pasir batuan.

Agar kotoran didalam akuarium tidak terlalu banyak, anda bisa menggunakan pasir batuan untuk cara merawat ikan koi. Pasir akan menjadi landasan peletakan batuan, batuan tersebut akan membuat lingkungan seperti habitat bebas apalagi jika anda tambahan tanaman air. Sangat baik jika anda memilih pasir sungai yang masih tercampur dengan humus. Anda juga bisa menambahkan kerikil berwarna dengan ukuran sekitar 3 mm, agar penampilan akuarium menjadi lebih cantik dan indah.

Itulah tadi beberapa cara merawat ikan koi agar tidak mudah mati. Satu kunci agar ikan tidak mudah mati adalah tetap menjaga kondisi air menjadi bersih, menjaga kondisi ikan menjadi nyaman dan tidak membuat ikan menjadi stress. Untuk itu banyak sekali peralatan yang digunakan agar ikan tetap kondisi sehat dan juga bersih.

Anda bisa membeli beberapa peralatan pada tips tersebut diatas ditoko-toko ikan hias. Ditoko-toko tersebut sudah banyak peralatan yang bisa anda beli untuk mempercantik akuarium ikan koi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *