Suka Dengan Ikan Belida? Inilah Cara Merawat Ikan Belida Yang Perlu Anda Ketahui

Didunia ini selain manusia juga terdapat hewan dan juga tanaman. Dari ketiga tersebut memiliki jenis yang banyak. Hewan sering kali dijadikan makanan untuk manusia, namun terdapat beberapa hewan yang bisa dijadikan hewan peliharaan yang cantik dan juga indah. Salah satu hewan yang sering dijadikan hewan peliharaan adalah ikan.

Bukan hanya untuk rumah saja, ikan juga sering kali dipelihara untuk rumah makan atau restoran. Salah satu ikan hias yang memiliki banyak pecinta adalah ikan belida. Cara merawat ikan belinda harus sangat diperhatikan agar tidak mudah sakit. Ikan belida adalah salah satu ikan air tawar dari keluarga Notopteridae.

cara merawat ikan belida

Ikan belida biasa hidup didaerah rawa-rawa dan banyak ditemukan pada perairan Indonesia, Thailand dan Malaysia. jika anda tertarik dengan ikan belida, simak dulu cara merawat ikan belida berikut ini:

  • Mempersiapkan akuarium.

Salah satu cara merawat ikan belida yang harus sangat diperhatikan adalah saat mempersiapkan akuarium sebagai tempat hidup ikan belidanantinya. Akuarium yang digunakan untuk memelihara ikan belinda harus memiliki ukuran yang besar, karena ikan belida sangat aktif bergerak.

Paling tidak anda harus menggunakan akuarium dengan ukuran 100 x 60 x 45 cm. Pengisian air akuarium adalah ¾ dari volume akuarium tersebut dengan peralatan standar. Suhu yang tepat untuk air ikan belida adalah sekitar 25-30 derajat celcius, ukuran suhu tersebut harus dijaga agar ikan tidak stress.

  • Tambahan ornamen.

Agar ikan belinda tidak stress dan mudah mati, anda harus membuat lingkungan menjadi habitat sebagai salah satu cara merawat ikan belida yang benar dan tepat. Karena tempat asalnya atau habitat ikan belinda adalah rawa-rawa, buatlah suasana seperti dirawa-rawa. Anda bisa memberikan tanaman air didalam akuarium.

Selain tanaman air, anda juga bisa menambahkan kayu seperti dirawa-rawa.Kayu ini bisa dijadikan tempat bersembunyi ikan belida, karena memang ikan ini sangat suka bersembunyi. Anda juga bisa memberikan alas pada akuarium berupa pasir dan juga bebatuan, dengan begitu suasana akuarium seperti disungai dan rawa-rawa.

  • Pemberian pakan.

Ikan belinda yang asli rawa-rawa dan sungai yang biasa cari makan sendiri, saat dipelihara di akuarium tentu anda harus memberikan makanan. Ikan belida merupakan hewan karnivora, dan cara merawat ikan belida yang tepat adalah dengan memberikan pakan berupa daging-dagingan.

Untuk pangan ikan belida anda bisa memberikan ikan-ikan berukuran kecil seperti ikan mujahir, anakan ikan mas.Jangan memberikan makanan ikan lele karena ikan lele memiliki patil yang tajam. Selain ikan-ikan kecil anda juga bisa memberikan jangkrik, udang, katak dan juga kelabang.

Walaupun ikan belida merupakan ikan karnivora, ikan ini bisa dipelihara satu tempat dengan ikan lainnya. Namun ikan lainnya harus memiliki postur yang lebih besar dari ikan belida tersebut, peraingainya juga mirip dengan ikan belida. Anda bisa memelihara ikan belida satu tangki dengan ikan arwana.

Namun jangan sekali-kali mencampurkannya dengan ikan jinak, karena ikan belida tidak akan segan-segan memakan sirip ikan lainnya walaupun postur dari ikan tersebut lebih besar darinya. Cara merawat ikan belida ini sangat penting, jangan sampai mencampurkan dengan ikan yang nantinyaakan menjadi santapannya.

  • Penyembuhan Penyakit.

Bukan hanya manusia saja, ikan yang merupakan makhluk hidup juga bisa terkena penyakit.Banyak sekali jenis penyakit yang menyerang ikan, salah satu penyakit yang sering menyerang ikan belida adalah white spot. Penyakit ini muncul karena kondisi akuarium yang kotor dan kualitas air yang tidak baik.

Untuk cara merawat ikan belida dengan mencegah penyakit tersebut, anda bisa menggunakan air yang bermutu seperti air ledeng dan juga memasang sinar ultra violet. Namun jika ikan belida sudah terkena penyakit ini, anda harus memberikan penyembuhan dengan menggunakan methlyn biru dengan menuangkannya sesuai anjuran.

Itulah tadi beberapa cara merawat ikan belida yang harus sangat diketahui oleh anda semua. Karena merupakan ikan karnivora, perawatannya lebih ribet dibandingkan dengan jenis ikan lainnya.Namun keindahan ikan ini jika berada di akuarium tidak perlu anda ragukan lagi. Untuk itu anda harus benar-benar merawat dan membersihkan lingkungan sekitar ikan belida berada agar tetap bersih dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *