Sejarah Ikan Koi Jepang

Ikan Koi atau Nishikigoi dalam nama jepangnya untuk Koi, yang mulai berkembang di jepang sekitar 200 tahun yang lalu. Hal ini bermula saat petani beras di Jepang melihat bahwa beberapa ikan di sawahnya memiliki warna yang cemerlang, kemudian para petani mengambilnya dan dipelihara.

Sejarah Ikan Koi Jepang

Kata koi berasal dari bahasa Jepang yang berarti ikan karper. Lebih spesifik lagi ia merujuk pada Nishikigoi yang kurang lebih bermakna ikan karper yang bersulam emas atau perak. Di Jepang, koi menjadi semacam simbol cinta dan persahabatan. Ini karena koi merupakan homofon untuk kata lain yang juga bermakna kasih sayang atau cinta. Dalam bahasa jepang, nishiki mengandung makna kain yang beraneka warna, sedangkan goi artinya tidak lain adalah karper. Akan halnya nishikigoi yang akhirnya populer dengan nama koi.

Sejarah Ikan Koi Jepang

Seiring dengan perkembangan , Sejumlah pola warna ikan koi mulai terbentuk. Melalui suatu pembudidayaan selama bertahun-tahun, akhirnya diperoleh strain yang berwarna merah atau biru cerah. Itulah yang menjadi titik awal yang menyemangati mereka untuk kemudian mencoba-coba menghasilkan strain-strain yang lebih indah. Akhirnya pada tahun 1870 didapatkan-lah kohaku (merah dan putih), menyusul pada tahun 1910 shiroutsiiri (putih dan hitam) dan kinutsuri (kuning dan hitam), garis keturunan mulai tampak dan merupakan suatu yang tidak bisa di-pungkiri.

Pada tahun 1914, ketika Niigata Koi dipamerkan dalam suatu expo tahunan di Tokyo, mulailah terjadi demam memelihara koi di seluruh Jepang. Hobi memelihara Koi tersebar keseluruh penjuru dunia setelah kantong plastic dan sarana transport sudah memadai untuk pengiriman ikan dengan selamat.

Hobi memelihara Koi pun akhirnya turut menjangkiti banyak orang di seluruh dunia. Koi mulai umum dijual di toko-toko ikan dan biasanya Koi dengan kualitas tinggi bisa diperoleh dari pedagang tertentu yang punya keahlian dalam bidang ini. Kecantikan ikan Koi membuatnya ikan ini banyak diminati.  Karena kemampuan ikan ini untuk beradaptasi pada kondisi dan cuaca yang berbeda, koi cepat tersebar ke Eropa dan benua lainnya

Memelihara Koi adalah hobi yang menyenangkan dan diyakini dapat mengurangi tingkat stress. Koi adalah ikan yang pintar dan bisa diajarkan untuk makan dari tangan anda. Namun kadang seperti ikan rakus yang akan memakan apa saja yang anda lemparkan ke kolam. Koi juga bisa mendengar dan akan merespon suara-suara, terutama suara dari pemiliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *