Mengenal Ikan Hias Oscar dan Panduan Memeliharanya

Ikan Hias Oscar

Ikan Oscar dianggap ikan paling cerdas diantara ikan hias lain yang biasa di rawat didalam aquarium. ikan hias Oscar memiliki ingatan yang panjang sehingga ikan peliharaan ini dapat dilatih untuk melakukan trik-trik tertentu. Ikan Oscar saat ini bermacam-macam , ada jenis ikan oscar yang memiliki warna yang berbeda-beda. Namun yang paling populer adalah warna hitam dengan tambahan ornament warna merah cerah pada tubuhnya banyak yang menyebutnya sebagai ikan oscar batik. Variasi yang warna yang lainnya ikan oscar albino dengan mata merah transparant, nuansa biru pucat dan bahkan warna kuning.

Ikan Hias Oscar

Sayangnya ikan Oscar tidak bisa dipelihara dengan ikan lainnya dalam satu aquarium. ikan hias oscar ini bisa tumbuh besar dengan cepat. Ikan Oscar makannya juga sangat rakus dan terus-menerus mengeluarkan kotorannya yang dicernanya di sekitar akuarium. Hal ini karena sifat karnivora mereka dan selera makan yang besar. Untuk mencegah kualitas air yang buruk, Oscar membutuhkan perawatan lebih daripada ikan lainnya. Disarankan penggantian air dilakukan setidaknya dua kali seminggu untuk menyedot keluar kotoran kotoran pada akuarium.

ikan hias oscar membutuhkan kualitas air yang baik seperti halnya kebanyakan spesies ikan akuarium lainnya. Kualitas air yang buruk akan memicu perubahan mood, perubahan warna dan kurangnya nafsu makan. Sehingga sangat penting untuk melihat kondisi air, menguji air dan meminimalisir perubahan air.

Ikan Oscar bisa menjadi sangat agresif ketika ditempatkan dengan ikan lain dalam satu akuarium. Sangat dianjurkan untuk memelihara ikan hias Oscar saja dalam satu akuarium. Bisa memelihara secara berpasangan atau kelompok 4-5 Ikan Oscar tanpa terlalu banyak kesulitan memeliharanya.

Ikan hias Oscar bisa sangat sulit untuk berkembang biak di penangkaran. Hal ini sebagian disebabkan oleh kesulitan dalam menemukan sepasang Oscar dengan kondisi yang subur matang. Berikut  informasi lebih lanjut tentang bagaimana cara  budidaya ikan Oskar.

Suhu Aquarium untuk Ikan Oscar

Suhu akuarium optimum untuk Oscar adalah sekitar 23 ° C-27 ° C. Cobalah untuk menghindari fluktuasi suhu sebagai Oscar bisa sensitif terhadap perubahan ini.

Panjang Maksimum Ikan Oscar

Ikan oscar terbesar bisa tumbuh hingga 40cm dengan berat lebih dari 1,5 kg  Tapi biasanya 30cm adalah ukuran maksimum ikan Oscar pertumbuhan dalam akuarium 150cm biasanya akan tumbuh tidak lebih besar dari 20cm.

Ikan Oscar

pH ~ 7.0 | Hardnes 12.0

Menjaga pH Air antara sekitar 6 dan 8. Oscar akan mentolerir berbagai kondisi, biasanya air sumur juga cukup.  kesadahan air relatif harus antara 5DH-20dh. Sekali lagi kondisi lebih lembut atau keras yang ditoleransi oleh Oscar.

Nitrit 0ppm

Nitrit harus selalu 0.

Amonia 0ppm

Oscar sangat sensitif terhadap lonjakan amonia. Mereka akan kehilangan warna, rasa lapar dan bersembunyi di akuarium. Pastikan Qualitas Air Akuarium selalu djaga dan bebas dari kotoran.

Nitrat> 40ppm

Nitrat sebisa mungkin harus selalu dekat dengan 0ppm.  Paling tidak dibawah 40ppm cocok untuk perawatan Oscar. Peningkatan kadar dapat dikurangi dengan menambahkan tanaman air dan meningkatkan jumlah perubahan air.

Cara memasukan Ikan Oscar ke dalam Akuarium

Ikan Hias Oscar dalam plastikSetelah kita membeli ikan Oscar dari penjual ikan hias, jangan langsung dimasukan langsung ke dalam Akuarium. Pastikan akuarium telah cycling dan dan bersih dari kimia berbahaya. Cobalah untuk memastikan bahwa indicator berada dalam parameter yang tercantum di atas. Apungkan kantong plastik yang belum di buka di akuarium selama 5-10 menit.  Hal ini akan memungkinkan air dalam Kantong plastik memiliki suhu yang sama seperti yang ada di akuarium. Setelah proses ini, tuangkan isi Tuangkan satu atau dua cangkir air akuarium ke dalam plastic ikan. Lanjutkan proses ini untuk 5-6 cangkir air. Biarkan air akuarium menyatu dengan yang ada di kantor plastic dengan mencampurnya perlahan setelah itu baru lepaskan ikan Oskar.

Makanan Ikan Hias Oscar

Oscar menyukai berbagai macam makanan. Mereka memakan hampir apa saja yang Anda dimasukkan ke dalam aquarium. Jadi sangat penting untuk memberi pakan ikan oscar makan yang terbaik. Makanan hidup seperti ikan mas atau ikan-ikan kecil adalah nutrisi sehat untuk ikan hias Oscar. Makanan hidup ini mengandung lemak yang tinggi dan juga dapat meningkatkan ketahanan tubuh sehingga terhindar dari risiko terinfeksi penyakit atau parasit. Pastikan setiap ikan hidup diumpankan ke Oscar telah dikarantina dengn benar.  Jangkrik hidup dan cacing adalah alternatif yang sangat baik sebagai makanan ikan oscar .  paling tidak dengan member makanan terbik akan memperpanjang masa hidup ikan Oscar.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*