cari-tahu-dulu-cara-merawat-ikan-naga-palmas-agar-tidak-salah-merawat

Cari Tahu Dulu Cara Merawat Ikan Naga (Palmas) Agar Tidak Salah Merawat

Hampir semua orang menyukai ikan, baik untuk dikonsumsi ataupun untuk dipelihara.Ini karena ikan mempunyai banyak jenis dan macam.Banyak sekali yang menjadikan ikan sebagai hewan peliharaan kesayangannya.Ini karena keindahan dan kemudahan dalam merawat ikan itu sendiri.

Salah satu ikan hias yang bisa anda pelihara dirumah adalah ikan naga.Ikan naga atau yang sering disebut palmas ini merupakan ikan air tawar yang mempunyai postur unik dan sirp berjumlah banyak. Ikan ini sering merayap didasar air sehingga akan nampak seperti merayap. Cara merawat ikan naga (palmas) harus diperhatikan saat hendak memutuskan memelihara ikan unik ini.

Berikut beberapa cara merawat ikan naga (palmas) yang harus anda ketahui:

cari-tahu-dulu-cara-merawat-ikan-naga-palmas-agar-tidak-salah-merawat

  • Pemilihan ikan naga.

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebagai cara merawat ikan naga(palmas) yang tepat adalah pemilihan ikan naga itu sendiri. Ikan naga atau palmas bisa dipelihara didalam akuarium dengan berpasangan atau berkelompok.Untuk satu pasang ikan naga terdiri dari 1 ikan jantan dan 1 ikan betina.

Jika berkelompok anda bisa memasukkan 2 jantan dan 3 betina.Lalu bagaimana membedakan betina dan jantan?Ikan naga jantan memiliki anal yang lebar, sedangkan ikan naga betina memiliki anal yang kecil.Pilihlah ikan naga yang bagus yakni memiliki bentuk yang proporsional dan sehat.

  • Mengatur kondisi akuarium.

Salah satu peralatan yang sangat penting adalah akuarium, karena akan menjadi tempat hidup ikan naga (palmas) nantinya. Cara merawat ikan naga (palmas) yang tepat adalah dengan mengatur kondisi akuarium dengan benar.Agar ikan naga leluasa ditempat hidupnya nanti, pilihlah akuarium dengan ukuran yang tepat.

Anda bisa menggunakan akuarium dengan ukuran 100 x 50 x 40 cm. Dengan ukuran akuarium tersebut membuat ikan naga leluasa dalam berenang nantinya. Selain segi ukuran, anda juga harus menyiapkan peralatan standar akuarium.Seperti aerator untuk meningkatkan adanya kandungan udara didalam air akuarium.Potongan kayu, batu atau pasir juga penting agar lebih mirip dengan habitatnya.

  • Pengisian air bersih.

Pengisian air untuk akuarium perlu diperhatikan sebagai salah satu cara merawat ikan naga (palmas) yang tepat dan benar. Sebelum memasukkan air ke dalam akuarium, pastikan air tersebut bersih dan bebas dari kandungan kimia seperti kaporit.Untuk itu alangkah lebih baik untuk mengendapkannya selama sehari.

Untuk air akuarium ikan naga harus memiliki kadar keasaman sebesar pH 6,5-7. Masukkan air tersebut kedalam akuarium dengan tinggi 25 cm agar ikan naga tidak mudah kabur atau loncat.Temperatur air juga harus diperhatikan untuk ikan naga, yakni sekitar 16-27 derajat celcius.Gunakan thermometer untuk mengukur suhu air.

  • Pemberian pakan.

Ikan bukan hanya membutuhkan tempat untuk hidup, namun juga memerlukan makanan untuk bertahan hidup.Ikan naga adalah hewan karnivora atau pemakan daging. Agar tetap sehat cara merawat ikan naga (palmas) yang harus dilakukan adalah dengan pemberian pangan yang tepat dan rajin.

Anda bisa memberinya pangan seperti udang, anakan ikan mas, jangkrik, anakan ikan lele, cacing, cere dan lain sebagainya. Agar kebutuhan gizi terpenuhi anda bisa sesekali memberinyapelet.Berikan makanan sebanyak 3 kali sehari dengan dosis yang tepat dan secukupnya.

  • Lakukan pembersihan akuarium secara berkala.

Seperti manusia, hewan juga merasakan stress. Untuk itu cara merawat ikan naga (palmas) harus dilakukan dengan tepat dan benar. Agar ikan tidak stress kondisi akuarium harus bersih dan sehat, untuk itu pembersihan akuarium harus dilakukan dengan teratur.

Pastikan anda mengganti ¾ air volume akuarium tersebut dengan air baru setiap seminggu sekali. Dan untuk pembersihan seluruh bagian akuarium bisa anda lakukan sebanyak 1 bulan sekali agar kualitas air tetap terjaga. Jangan sampai membuat lingkungan menjadi kotor karena akan membuat ikan stress.

Itulah tadi beberapa cara merawat ikan naga (palmas) yang harus anda ketahui dan anda lakukan, agar ikan naga yang anda pelihara tetap hidup dengan sehat dan juga bersih. Hal yang harus sangat diperhatikan adalah kondisi dari akuarium atau lingkungan tempat tinggal ikan naga itu sendiri. Untuk itu selalu pastikan kondisi air dan akuarium tetap sehat dan bersih, agar ikan tidak stress yang akan membuat ikan mudah mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *