cara-merawat-ikan-lele-dari-bibit-hingga-siap-panen

Cara Merawat Ikan Lele Dari Bibit Hingga Siap Panen

Ikan merupakan hewan yang tinggal atau hidup didalam air.Bukan hanya sebagai hiasan saja, ikan juga bisa dikonsumsi karena memiliki banyak nutrisi yang penting dan bagus untuk tubuh manusia.Salah satu ikan yang bisa dikonsumsi oleh manusia adalah ikan lele.Ikan yang memiliki patil ini mempunyai kaya protein dan berguna untuk tubuh manusia.

cara-merawat-ikan-lele-dari-bibit-hingga-siap-panen

Banyaknya pecinta lele, membuat banyak orang berusaha memelihara ikan lele untuk dijual.Anda juga beternak lele? Pastikan untuk melakukan cara merawat ikan lele dengan baik dan benar. Agar lele yang dihasilkan merupakan lele unggul, sehat dan juga lezat. Dengan begitu usaha anda akan berjalan dengan lancar.

Berikut ini cara merawat ikan lele dari benih hingga siap panen yang harus anda lakukan:

  • Umur 1-4 hari.

Umur 1-4 hari merupakan umur ikan lele paling rawan, untuk itu anda harus sangat berhati-hati saat memeliharanya.Saat umur ini, banyak sekali bibit lele yang mati. Agar tidak mengalami kejadian buruk ini dengan jumlah yang banyak, anda harus melakukan cara merawat ikan lele yang tepat yakni memperhatikan suhu dan kualitas air.

Ini dikarenakan saat suhu dan kualitas air sring berubah bisa memicu kematian ikan dengan cepat. Untuk makanannya, anda bisa memberikan kultur plankton. Makanan ini merupakan makanan sampingan, karena masih mempunyai makanan pokok dari kuning telur.

  • Umur 5-15 hari.

Saat lele memasuki umur 5-15 hari, cadangan kuning telur sudah habis untuk itu anda tidak perlu mengkulturkan plankton. Saat usia ini anda dapat memberikan makanan cacing sutera atau cacing darah agar gizinya terpenuhi. Tebarkan secara merata di kolam ikan lele dan berikan dalam porsi yang tidak terlalu banyak.

Agar perkembangannya stabil, lakukan cara merawat ikan lele berupa pemberian makanan 2 kali dalam sehari. Saat usia ini anda tetap harus memperhatikan airnya,bersihkan kolam jika airnya sudah kotor. Atau bisa menyimpan 50 % dan mengganti dengan air baru, agar kondisi air tetap sehat dan bersih.

  • Umur 15-25 hari.

Saat usialele memasuki umur 15-25 hari, anda sudah bisa memberikan makanan berupa pelet serbuk. Untuk usia ini sangat disarankan melakukan cara merawat ikan lele dengan pemberian makanan pelet serbuk 4 kali sehari dengan prosentase 30 % dari jumlah benih lele.

Untuk takaran sesuaikan saja dengan kebutuhan, namun jangan sampai terlalu banyak. Saat usia ini lele sudah memiliki ukuran sedikit lebih besar, namun masih terdapat beberapa lele yang berukuran kecil. saat-saat ini anda harus mengurangi populasi didalam kolam, pisahkan lele dengan berdasarkan ukuran yang sama.

  • Umur 25-30 hari.

Anda bisa memberikan pelet ukuran kecil seperti F-1000 saat lele berusia 25-30 hari.Berikan pelet kecil tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari. Pertumbuhan lele pada usia ini sudah bisa terlebih. Ukuran lele sudah mulai panjang atau besar, untuk itu kebutuhan makanan menjadi lebih banyak.

Saat umur ini, anda juga harus melakukan pemisahan ikan lele sebagai cara merawat ikan lele. Pisahkan lele berdasarkan ukuran.Hal ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan didalam kolam.Jika didalam kolam masih terlihat padat, pisahkan saja.dengan begitu pertumbuhan ikan lele bisa maksimal.

  • Umur 30-40 hari.

Umur 30-40 hari merupakan umur dimana lele siap untuk dipanen. Saat usia ini anda tetap harus memisahkan lele berdasarkan ukuran lele. Lakukanlah seleksi beberapa kali dalam sehari, bisa dilakukan pagi dan siang hari. Hal ini bertujuan agar ikan lele yang akan dijual tidak stress.

Sedangkan untuk makanannya anda bisa memberikan F-999. Karena saat usia ini ikan lele mulai besar, sehingga gizi yang harus dipenuhi juga semakin besar dan banyak. Untuk dijual pilihlah ikan lele yang sehat, berukuran besar, dan berkualitas unggul.

Banyak sekali cara merawat ikan lele dari benih hingga panen yang bisa anda lakukan. Cara-cara tersebut sangat penting untuk menghasilkan ikan lele yang berkualitas oke.Cara merawat yang paling penting dan sangat diperhatikan adalah kondisi air dan juga makanan ikan lele. Kepadatan didalam kolam juga harus diperhatikan. Jangan sampai terlalu padat karena dapat membuat ikan lele menjadi stress bahkan kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *