Jangan Biarkan Ikan Hias Mati, Inilah Cara Merawat Ikan Komet Yang Tepat Dan Benar

Ikan menjadi salah satu jenis hewan peliharaan yang memiliki banyak penggemar. Ini dikarenakan banyak sekali jenis ikan hias yang memiliki bentuk maupun warna indah dan cantik. Banyaknya macam warna ikan ini akan membuat tampilan akuarium menjadi lebih cantik apalagi jika dipadukan dengan tanaman air yang berwarna hijau.

Salah satu jenis ikan hias yang memiliki warna cantik dan banyak disukai orang adalah ikan komet. Ikan hias air tawar yang sangat indah ini mempunyai warna-warna yang menarik seperti hitam, oranye, kuning, merah dan putih. Banyak sekali cara merawat ikan komet yang bisa dilakukan agar ikan komet tetap hidup dan tampil cantik.

Berikut ini beberapa cara merawat ikan komet yang bisa anda lakukan:

  • Siapkan akuarium.

Salah satu cara merawat ikan komet yang harus sangat diperhatikan adalah saat mempersiapkan akuarium. Akuarium akan menjadi tempat hidup ikan komet, untuk itu harus benar-benar disiapkan. Sesuaikan ukuran akuarium dengan ukuran dan jumlah ikan komet yang akan anda masukkan kedalam akuarium.

Setelah itu tambahkan juga beberapa peralatan standar untuk akuarium seperti sistem filter dan aerator. Anda juga bisa menambahkan tanaman air dan pasir agar ikan komet merasa nyaman tinggal didalam akuarium.

  • Masukkan air.

Selain akuarium, sebagai cara merawat ikan komet anda juga harus memperhatikan air yang akan dimasukkan kedalam akuarium. Karena nantinya air akan menjadi tempat hidup sang ikan atau menjadi habitat sang ikan. Pastikan air yang anda gunakan terbebas dari kandungan kimia.

Air yang terbebas dari kandungan kimia akan memiliki warna putih dan membuat ikan terlihat cerah dan bagus. Untuk itu sangat penting untuk mengendapkan air sebelum dimasukkan kedalam akuarium selama semalam. Kemudian tuang secara perlahan hingga bervolume ¾ dari total volume akuarium.

  • Memasukkan ikan komet.

Ketika kondisi air didalam akuarium sudah jernih, waktunya untuk memasukkan ikan komet kedalam akuarium. Sebelum melepaskannya, anda harus membuat ikan beradaptasi dengan suasana akuarium terlebih dahulu. Cara merawat ikan komet ini sangat diperlukan.

jangan-biarkan-ikan-hias-mati-inilah-cara-merawat-ikan-komet-yang-tepat-dan-benar
Ikan Komet

Masukkan ikan beserta plastiknya kedalam akuarium selama 15-30 menit. setelah itu buka dan lepaskan ikan komet kedalam akuarium tersebut. ikan komet bisa berenang bebas didalam akuarium cantik dan indah.

  • Memberikan makanan.

Salah satu cara merawat ikan komet yang sangat diperhatikan adalah saat pemberian pangan. Ikan komet merupakan jenis ikan yang terbilang rakus. Ikan ini bisa memakan pangan apapun dan tidak akan rewel. Anda bisa memberikan pangan ikan komet seperti jentik nyamuk, roti tawar, hingga cacing pita.

Namun untuk lebih mudahnya anda bisa memberikan pelet ikan yang biasa dijual ditoko-toko ikan hias. Pemberian pangan juga dilakukan dengan bertahap, berikan makanan saat makanan yang sebelumnya sudah habis. Dengan begini kebersihan air akan tetap terjaga dan ikan tetap kenyang.

  • Penggantian air.

Sejatinya ikan komet itu bisa hidup saat kondisi air kotor, namun sebagai pecinta ikan hias air yang kotor akan membuat anda risih bukan? Untuk itu sangatlah penting untuk membersihkan air didalam akuarium. Anda bisa membersihkan air dari kotoran dan mengganti air didalam akuarium tersebut dengan air baru yang masih bersih.

Sangat disarankan untuk melakukan cara merawat ikan komet (pembersihan air) ini saat kondisi air sudah kotor atau minimal 3 bulan sekali. Sedangkan penggantian air lakukan selama seminggu sekali dengan air yang diganti hanya setengahnya saja. Hal ini bertujuan agar ikan tidak mudah stress.

  • Mengatasi hama.

Ikan komet memiliki sistem kekebalan tubuh yang bagus, sehingga membuatnya tidak mudah terserang banyak hama. Salah satu hama yang bisa menyerang ikan adalah hama kutu jarum. Tanda dari serangan hama ini adalah adanya bercak merah pada tubuh ikan komet, cara merawat ikan komet dari hama ini adalah dengan mencabutnya menggunakan pinset.

Itulah tadi beberapa cara merawat ikan komet yang harus anda perhatikan. Agar kondisi tubuh ikan komet tetap terjaga dan kondisi akuarium tetap kondusif. Keindahan akuarium bukan hanya dari akuarium itu sendiri namun juga dari peratalannya, ikan didalamnya. Untuk itu anda harus membuat perpaduan yang cantik dan indah, jangan lupa selalu memperhatikan kesehatan dan kebersihan.

One thought on “Jangan Biarkan Ikan Hias Mati, Inilah Cara Merawat Ikan Komet Yang Tepat Dan Benar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *