Begini Cara Merawat Ikan Hias Aligator Yang Tepat, Check This Out

Ikan hias aligator

Ikan hias aligator merupakan jenis ikan yang berasal dari Amerika dan bentuknya sangat menyeramkan yaitu moncongnya seperti moncong pada buaya. Meskipun begitu, ternyata tidak sedikit pula yang mengoleksi jenis ikan ini. Mungkin bentuknya yang menyeramkan merupakan point plus bagi orang yang memeliharanya.

Predator air tawar ini tidak disarankan untuk dipelihara bagi pemula yang baru saja menekuni bidang ikan hias. Ya, ikan ini memang cukup berbahaya karena moncongnya bisa menggigit jika Anda kurang berhati-hati dan tidak paham betul karakteristiknya.

Jadi, untuk pemula lebih baik memelihara ikan hias yang mudah dalam pemeliharaannya saja seperti ikan cupang, guppy, dan lain-lain. Ikan ini bisa tumbuh mencapai berat 350-450 kg dan panjang 4-7 meter. Ikan ini memang merupakan spesies ikan terbesar dari semua jenis gar yang ada.

Ikan hias aligator

Jika memang Anda sudah mantap untuk memelihara jenis ikan yang satu ini, alangkah lebih baik jika menyimak informasi mengenai cara perawatan ikan hias aligator yang tepat berikut ini.

  1. Tempat tinggal

Tempat tinggal merupakan komponen pertama yang harus Anda persiapkan. Dimana untuk merawat ikan jenis ini tidak boleh menggunakan sembarang tempat karena akan berdampak buruk bagi ikannya sendiri.

Berilah space ruang yang luas agar predator ini bisa bergerak secara bebas. Anda bisa menyiapkan kolam ataupun akuarium. Yang terpenting adalah ikan hias ini tidak merasa kesulitan saat bergerak memutar.

Bukan hanya makanan bernutrisi saja yang bisa membuat ikan hias aligator cepat besar, melainkan tempat tinggal yang luas juga dapat mempengaruhinya. Jadi, pastikan untuk memberikan ruang gerak yang luas untuk ikan ini ya.

Agar dapat bergerak semakin bebas, sebaiknya ikan ini dibuatkan wadah sendiri dan jangan campurkan dengan ikan yang lainnya. Selain akan semakin leluasa dalam bergerak, hal ini dimaksudkan agar ikan predator ini tidak memangsa ikan yang tinggal bersamanya.

  1. Kondisi airnya

Meskipun ikan ini dapat bertahan hidup di dalam kualitas air yang kurang baik, namun alangkah lebih baik jika ikan ini ditempatkan pada air yang jernih atau yang berkualitas baik. Perlu diingat bahwa kualitas air yang buruk juga akan mempengaruhi nafsu makan dari ikan buaya ini.

Semakin buruk kualitas airnya, maka akan semakin ikan ini tidak nafsu makan. Tentu ini akan berdampak buruk bagi pertumbuhan ikan aligator jika dibiarkan terlalu lama. Bukannya ikan bertumbuh besar, justru ikan akan stres dan lama-kelamaan bisa mati.

Selain itu, kondisi air yang keruh juga akan membuat keindahan akuarium dan keunikan ikan hias aligator tidak bisa terlihat. Sebaiknya, ganti air akuarium setiap 10 hari sekali agar ikan bisa bertumbuh dengan baik. Pastikan juga suhu airnya berkisar antara 20-25 derajat celcius.

  1. Makanan yang bernutrisi

Hewan predator ini bisa memangsa serangga, ikan, krustasea, invertebrata di dalam habitat aslinya. Nah, agar bisa berkembang dengan baik di akuarium Anda, sebaiknya sesuaikan makanan ikan aligator ini dengan makanan asli di habitatnya.

Jika ingin memberi makan serangga, jangkrik merupakan pilihan yang paling tepat. Jika ingin memberi makan ikan, pilihlah yang sesuai dengan ukuran mulut ikan aligator. Nah, untuk pakan jenis krustacea sebaiknya berilah udang. Untuk hewan invertebrata, Anda bisa memilih cacing. Namun cacing bisa membuat akuarium Anda cepat kotor, jadi Anda harus sering-sering membersihkannya.

Yang terpenting dalam pemberian pakan pada ikan hias aligator adalah pakannya tidak membahayakan keselamatan ikan hias itu sendiri dan berilah pakan yang kondisinya masih hidup. Pungutlah segera sisa-sia pakan ikan buaya ini agar kualitas air tetap terjaga kebersihannya.

  1. Penambahan aksesoris

Penambahan aksesoris yang sesuai dengan habitat aslinya akan membuat ikan predator ini lebih mudah untuk beradaptasi dan juga tidak mudah stres. Jika dilihat, ikan ini biasanya hidup di sepanjang sungai yang dangkal dan banyak ditumbuhi oleh tanaman air.

Nah, aksesoris yang cocok untuk diletakkan pada tempat tinggal ikan ini adalah tanaman air baik itu asli ataupun buatan, kayu, dan juga pasir. Dengan begitu, niscaya ikan hias ini akan betah tinggal di akuarium.

  1. Jangan satukan dengan jenis ikan lainnya

Ikas hias aligator predatorSeperti yang tekah diketahui bersama bahwa ikan ini merupakan ikan predator, jadi sebaiknya jangan satukan pemeliharaan ikan ini dengan ikan yang lainnya karena nanti akan di mangsa oleh ikan aligator.

Namun, jika Anda benar-benar ingin menyatukan ikan hias ini dengan ikan yang lainnya, sebaiknya pilihlah yang ukurannya sama besar dengan ikan hias aligator agar tidak di mangsa.

Kelima cara perawatan ikan hias aligator tersebut jangan sampai luput dari perhatian Anda. setiap poin sangatlah penting, jadi Anda tidak boleh melewatkannya satu poin saja. Anda juga patut untuk berhati-hati, karena ikan ini bisa menggigit tangan Anda.

baca juga: Inilah cara merawat ikan arwana

Dengan perawatan yang tepat, ikan akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan begitu Anda sebagai pemilik pun akan merasa bahagia dan bangga karena berhasil dalam merawat ikan predator yang menyeramkan ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*