Cara Merawat Ikan Cupang Yang Tepat Ini Harus Anda Lakukan

Siapa sih yang tidak tahu ikan cupang. Ikan cupang merupakan ikan air tawar yang juga biasa disebut dengan ikan petarung atau ikan adu-adu. Banyak sekali orang yang suka dengan ikan satu ini, karena memiliki warna-warna yang cantik dan saat agresif akan mengembangkan siripnya bak penari. Apalagi dengan warna-warna perpaduan yang cantik membuatnya tampak lebih cantik.

Cara Merawat Ikan Cupang

Ikan cupang merupakan ikan agresif tidak heran jika hidupnya biasa sendirian didalam sebuah tangki. Hal ini bertujuan agar tidak bertarung, karena jika terdapat beberapa ikan cupang bersama membuat pertarungan hebat. Untuk cara merawat ikan cupang juga lebih mudah karena memang hanya merawat satu ikan saja, bahkan bisa menggunakan topless.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara merawat ikan cupang yang harus anda ketahui:

  • Memilih akuarium.

Cara merawat ikan cupang yang pertama adalah dengan memilik akuarium yang akan digunakan. Karena ikan cupang susah untuk diletakkan didalam satu wadah secara bersama-sama, anda tidak perlu menggunakan akuarium dengan ukuran yang besar. Gunakan saja akuarium dengan ukuran kecil, ikan cupang bisa hidup dimana saja.

Anda bisa menggunakan akuarium dengan ukuran 20 x 15 x 15 cm. Tidak ribet perawatan ikan cupang. Anda bisa membiarkan akuarium polos atau menambahkan tanaman palsu dan juga batu agar membuat akuarium menjadi lebih berwarna. Penempatan akuarium juga harus tepat, yakni ditempat yang stabil, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

  • Air akuarium.

Ikan cupang sebenarnya hidup diperairan sawah dan juga rawa-rawa. Cara merawat ikan cupang yang tepat adalah dengan membuat lingkungan yang sekarang pas atau hampir sama dengan habitat aslinya. Untuk itu sangat disarankan menggunakan air sumur untuk air akuarium ikan cupang.

Jika tidak ada air sumur, anda bisa menggunakan air PDAM atau juga sumber air lainnya. Namun alangkah lebih baik jika anda mendiamkannya terlebih dahulu selama semalam sebelum memasukkannya kedalam akuarium ikan cupang agar kandungan kimia didalam air hilang.

  • Pergantian air.

Berbeda dengan ikan lainnya yang mudah stress jika sering melakukan pergantian air, ikan cupang tidak stress jika anda rajin melakukan pergantian air. Cara merawat ikan cupang untuk pergantian air bisa dilakukan setiap hari, karena ikan cupang akan semakin baik jika anda mengganti air setiap hari.

Namun sebelum anda mengganti air didalam akuarium ikan cupang, pindahkan terlebih dahulu ke wadah sementara. Gunakan jaring khusus ikan untuk memindahkannya, hindari memindahkan menggunakan tangan karena bisa membuat sirip dan ekor ikan cupang rusak.

  • Menjemur ikan cupang.

Salah satu aktivitas yang masuk kedalam cara merawat ikan cupang yang benar dan tepat adalah dengan menjemurnya. Penjemuran ini bertujuan agar ikan cupang lebih fresh dan juga membuat jamur maupun bakteri yang ada didalam akuarium dan kulit ikan cupang terbunuh.

Untuk penjemuran sebenarnya tidak wajib, anda lakukan sekali-kali saja. untuk cupang berwarna hitam lebih baik tidak dijemur karena mudah panik. Lakukan penjemuran sekitar pukul 8 hingga 10 pagi dengan durasi waktu 15 hingga 30 menit, jangan lebih karena membuat suhu menjadi naik didalam akuarium dan untuk ikan cupang itu sendiri.

  • Pemberian pakan.

Cara merawat ikan cupang yang paling terpenting adalah bagian pakan atau makanan. banyak sekali makanan yang bisa dikonsumsi oleh ikan cupang yang agresif ini. makanan ikan cupang seperti jentik nyamuk, cacing sutra, cacing darah, kutu air, microworms, artemia, kuning telur dan lain sebagainya.

Pemberian makanan cupang anda hanya perlu menaburkannya diatas, karena ikan cupang suka dengan makanan yang mengambang atau berada diatas permukaan air. Berikan ikan cupang makanan secara bertahap. Berikan makanan pada cupang setelah makanan yang sebelumnya sudah habis (namun dengan porsi lebih sedikit).

Itulah tadi beberapa cara merawat ikan cupang yang tepat dan harus anda lakukan. jika anda mendapati ikan gelisah kesana kemari, gunakanlah daun ketapang untuk menyembuhkanya. Masukkan kedalam akuarium dan tutup akuariumnya dengan kain atau plastik hitam, dengan begitu ikan akan tenang kembali.

Ikan cupang sangat menyukai kebersihan, untuk itu pastikan anda selalu menjaga kebersihan akuarium maupun kualitas air didalam akuarium. Dengan begitu ikan cupang akan tetap sehat dan juga bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *