Cara Merawat Ikan Cupang Jenis Halfmoon Yang Benar

Pada kesempatan kali ini, tasikoi mencoba share informasi tentang cara perawatan ikan cupang terutama ikan cupang jenis halfmoon. Ikan cupang Jenis ini merupakan ikan cupang favorit. Banyak yang menyukai ikan cupang jenis ini karena keindahan ekor nya yang seperti kipas. Karena seperti namanya kalau diartikan halfmoon berati setengah bulan.

Cara merawat Ikan cupang halfmoon
Photo Ikan cupang jenis halfmoon

Ikan cupang Jenis ini perawatanya termasuk agak ribet bila dibanding cupang jenis lain, karena memiliki ekor yang lebar dan gampang terkena parasit. Jika hal ini terjadi , jika ekor ikan sudah terkena kuman ekor ikan cupang akan kuncup dan sulit mengembang dengan sempurna seperti bagaimana umumnya ikan cupang yang sehat.

Untuk mencegah hal ini terjadi, berikut informasi cara merawat ikan cupang jenis halfmoon agar ikan cupang halfmoon yang kita rawat menjadi sehat dan keindahannya tetap terjaga.

Ukuran Akuarium

Untuk pilihan ukuran akuarium sebenarnya tidak ada standart yang baku hal ini tergantung selera masing masing penghobi. Tetapi biasanya untuk pemeliharaan ikan cupang jenis halfmoon ini banyak yang menggunakan akuarium soliter dengan ukuran 15cm X 15cm x20cm. Namun terkadang ada juga penghobi yang memakai akuarium ukuran 30cm x 15cm x 20cm yang akan memberikan keleluasaan untuk ikan bergerak sehingga  akan terlihat semakin indah dan juga kita bisa menikmati keindahan tersebut dengan leluasa.

Tetapi jika kita sedikit malas dan hanya  memelihara dalam jumlah sedikit missal 1 atau 2 ekor 3 ekor saja, bisa menggunakan ukuran akuarium yang kecil saja untuk memudahkan perawatan seperti mengganti air. namun jangan terlalu kecil karena ukuran akuarium yang kecil bisa merusak sirip dan ekornya.

Air

Jika menggunakan air PAM sebaiknya air PAM telah di endapkan dalam semalam sebelum digunakan karena air PAM ini mengandung kaporit sehingga perlu dinetralkan. Kalaupun dirumah tidak menggunakan air PAM, untuk pemeliharaan ikan hias cupang ini Bisa juga memakai air sumur.  Namun untuk daerah perkotaan penggunaan air sumur yang dikhawatirkan sudah tercemar.

Obat Ikan Cupang

Untuk obat-obatan yang digunakan, gunakan obat ikan untuk antisipasi terkena jamur atau parasit,  karena seperti yang sudah saya singung diawal, ikan cupang jenis halfmoon ini sangat rentan terkena jamur terutama pada bagian sirip-siripnya. Bisa juga menggunakan garam ikan + methyline blue 1 tetes untuk perbandingan 6 liter air.

Pakan Ikan Cupang

Pemberian pakan ikan hias cupang bisa dengan pariasi atau selang seling dalam pemberiannya, antara pelet, kutu air dan blood worm. tetapi lebih bagus untuk makanan ikan cupang ini adalah gunakanlah makan hidup untuk makanan kesehariannya seperti kutu air atau Blood worm karena dengan pemberian makanan hidup ikan akan lebih sehat dan tentunya ini adalah makanan yang alami.

Untuk perawatan ikan cupang yang regular cara merawat ikan cupang jenis halfmoon ini, berilah makan ikan cupang sehari 2x bisa pagi dan sore. Dan yang harus diingat adalah dalam pemberian pakan berikanlah makanan secukupnya saja jangan member pakan terlalu banyak karena sisa makanan ini  bisa merusak kualitas airdan tentunya bisa menyebabkan kematian pada ikan cupang.

Kebersihan Akuarium Ikan Cupang

Selain pemberian pakan, usahakan setiap 2 hari sekali, buang kotoran  yang ada di akuarium dengan cara sifon atau dengan menyedot keluar dengan menggunakan selang kecil biasanya kotoran banyak menumpuk didasar akuarium. Setelah itu isi kembali air akuarium dengan air baru sebagai pengganti air yang kita keluaran tadi.

Untuk pergantian air akuarium secara total dapat dilakukan dua minggu sekali. Usahakan jangan terlalu sering karena kalau terlalu sering bisa membuat ikan cupang kita menjadi stress dengan adanya air baru.

cara merawat ikan cupang jenis halfmoon
Buka Sekat pada pagi atau sore hari

Dan yang terakhir selain menjaga kesehatan ikan cupang, sangat penting juga untuk melatih mental ikan cupang kita, Bisa pagi hari atau sore namun sebagaiknya pada pagi hari untuk buka sekat antar ikan cupang kurang lebih selama 30 menit, kemudian tutup kembali. Jika ingin dilakukan pada sore hari usahakan membuka sekat setelah ikan cupang diberi pakan.

Demikian informasi bagaimana cara merawat ikan cupang jenis halfmoon ini. Mungkin pada kesempatan yang lain taskoi akan mencoba membahas ikan cupang jenis lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *