Cara Membuat Aquascape Sederhana Untuk Pemula

Aquarium tanaman saat ini sudah mulai menjadi trend dikalangan masyarakat Indonesia. Karena memang aquarum ini memiliki pesona yang indah seperti alam dibawah air. Aquarium tanaman atau aquascape ini menggunakan tanaman asli sehingga pembuatanya sedikit berbeda dengan setup aquarium pada umumnya

Langkah-langkah bagaiman cara membuat aquascape sangat mudah tidak jauh berbeda ketika kita akan membuat aquarium untuk ikan hias biasa. Sebelum memulai seperti biasa kita siapkan dahulu bahan-bahan yang akan kita gunakan. Lebih baik lagi kita juga sudah mempersiapkan ide design yang akan kita buat nantinya inspirasinya bisa dari Alam asli atau meniru design-design aquascape yang sudah ada. Jika sudah ada design yang cocok langsung saja, berikut beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat aquascape

  • Aquarium
  • Lampu
  • Filter
  • Pasir (soil)
  • Pupuk Dasar / Pupuk Cair
  • Tanaman
  • Ikan
  • CO2 (Bisa beli ataupun membuat sendiri)
  • Kipas / Chiller (Jika diperlukan)

Pada tahap Pertama, masukan semua bahan substrate(seperti pupuk dasar dan pasir), sesuai namanya sebarkan pupuk dasar ini didasar akuarium ketebalnya kurang lebih 1cm, lalu tutupi dengan pasir bisa menggunakan pasir malang atau pun pasir silika setebal 2 – 3cm. beberapa scaper menyarankan menggunakan pasr malang karena selain sebagai tempat pengakaran , pasir malang ini berfungsi sebagai tempat tingal bakteri.

cara-membuat-aquascape-1

Setelah itu tutupi kembali dengan lapisan tanah/soil setebal 2-3cm yang berfungsi untuk media tanam dan membantu proses penanaman. Atur media tanah ini agar memiliki kontur dan tidak terlihat datar agar terlihat natural. Biasanya pada bagian belakang memiliki kontur lebih tinggi daripada bagian depan

Jika media tanam sudah kita set, selanjutnya atur hardscape (kayu, batu atau karang) sesuai desain yang sudah kita rencanakan . Aturlah hardscape ini sedemikian rupa karena hardscape ini yang akan menjadi point utama dalam pembuatan aquascape bergaya natural.

cara-membuat-aquascape

Masukan air ke dalam akuarium untuk membasahi substare agar substrate ini menjadi padat. Bisa menggunaakan plastic, Koran bekas ,piring atau saringan untuk alas pada saat kita memasukan air kedalam aquarium, ini sangat penting karena alas ini berfungsi sebagai penahan tekanan air agar tidak merusak substrate dan hardscape yang telah kita setup sebelumnya.

cara-membuat-aquascape

Selanjutnya siapakan tanaman air untuk aquascape, dan mulailah menanam tanaman ini kedalam aquarium. Karena ukuran tanaman air untuk aquascape ini rata-rata kecil , sebaiknya mengunakan pinset untuk mempermudah proses penanaman. Bagilah tanaman dalam porsi yang kecil dan tancapkan secara merata ke dalam pasir. Tanaman yang ditanam dalam porsi kecil dan merata akan lebih cepat menyebar daripada menanamnya dalam satu titik dengan jumlah yang besar. Selama proses penanaman jangan lupa semprotkan air secara berkala untuk menjaga tanaman tetap lembab, dan jangan sampai membiarkan dalam kondisi kering karena bisa merusak tanaman terutama pada daun.

cara-membuat-aquascape

Selanjutnya isi akuarium dengan air sampai penuh. Untuk pengisiannya sama sepeti step sebelumnya  gunakan alas agar tidak merusaj media didalam aquarium jadi Isi dengan hati-hati.

cara-membuat-aquascape-5

Setelah air penuh, bersihkan kotoran-kotoran yang mengambang. dan masukan beberapa peralatan pendukung seperti filter untuk sirkulasi air dan juga membantu membersihkan kotoran. Lampu Aquascape sebagai sumber cahaya untuk tanaman melakukan potosintesis. CO2 bisa menggunakan tabung atau membuat sendiri dan beberapa alat pendung optional seperti temp suhu, kipas dll.

Setalah tahap ini anda tingal melakukan perawatan seperti menggant air secara berkala pemberian pupuk, agar aquascape terlihat indah dan penghuninya sehat dan subur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *