Cara Memberi Makan Ikan Koi Yang Baik dan Benar

Ikan Koi merupakan hewan omnivora dimana ikan ini bisa memakan hampir apa saja. Adanya ikan koi pada kolam bayak manfaatnya, bukan hanya sebagai penghias namun mempunyai hobi memelihara ikan koi juga turut membantu menjaga keseimbangan ekosistem pada kolam , karena dalam kolam mereka dapat bertahan hidup dengan memakan lumut, serangga, dan larva nyamuk. Selain itu memberikan pakan untuk ikan koi juga bisa memberikan kenyamanan tersendiri. Namun yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara memberi makan ikan koi yang baik dan benar dengan memberikan pola makan koi yang seimbang agar bisa menghasilkan warna koi yang cemerlang dan juga tubuh yang sehat dan ideal.

Cara memeberi makan ikan koi

Untuk pemberian pakan ikan koi bisa diberikan secara bervariasi jenis makanan baik pakan alami ataupun pakan buatan. Apapapun pakan yang diberikan, harus dipastikan sesuai dengan kebutuhan ikan koi dan pakan tersebut haruslah mengandung gizi yang seimbang. Dalam beberapa penghobi ada yang memberi suplemen dari sayur, roti, cacing, udang kecil, bahkan buah-buahan sekalipun seperti semangka dll. Saat ini ada banyak makanan jadi dalam bentuk pelet yang tersedia di toko hewan peliharan ata toko khusus yang menjual perlengkapan ikan hias. Seteleh memberi makan ikan , pakan pelet harus tersimpan dalam tempat kering dan dalam tempat tertutup agar terjaga kualitasnya, dan digunakan tidak lebih dari 3 bulan untuk menghindari oksidasi pada pelet tersebut.

memberi makan ikan koi
Ikan Koi diberi makan buah semangka

Selain pakan umum yang tadi saya sebut, ada pakan khusus yang bisa diberikan untuk meningkatkan kualitas tertentu. Seperti ingin pertumbuhan gemuk dan memanjang, misalnya, dapat dipicu dengan pemberian wheat germ yang berprotein tinggi. Sedangkan makanan untuk mempertegas warna koi bisa dipicu dengan makanan yang memiliki kandungan zat karoten tinggi, yaitu sayuran (tomat, wortel, kubis) ataupun sumber hewani seperti kepiting dan cacing. Yang perlu diwaspadai adalah dalam memberi pakan nasi dan roti harus diperhatikan, sebab kadar karbohidratnya bisa jadi penyebab kegemukan.

Frekuensi dan Takaran Pemberian Pakan pada Koi

Ini adalah bagian yang sangat penting untuk diingat. Disaat pemberian pakan koi, hal yang harus diingat adalah hanya berikan makanan yang akan habis dalam waktu 5 menit saja dan jangan memberikan pakan yang berlebihan. Kenapa hal ini sangat penting, karena ikan koi tidak memiliki lambung, sehingga ikan koi tidak bisa memakan dalam jumlah yang banyak dalam sekali waktu. Disisi lain ikan koi juga mempunyai kecendrungan makan secara berlebihan, yang bahkan dapat menyebabkan kematian.

Selain itu, memberi makan secara berlebihan juga bisa menghasilkan banyaknya kotoran koi yang dapat mencemari air kolam akibat makanan yang tidak tercerna, dan menyebabkan kadar Amonia dan Nitrit menjadi tinggi. Dua bahan kimia ini sangat berbahaya bagi kehidupan ikan koi karena bisa dengan cepat menimbulkan stres dan sakit. Oleh karena itu sangat direkomendsikan untuk memberi makan dalam jumlah kecil beberapa kali sehari.

Hal yang penting lainnya selaian pemberian pakan yang cukup adalah harus menghindari merubah pakan dengan merek berbeda secara tiba-tiba. Apabila penggantian memang diperlukan , lakukan secara bertahap dengan cara mencampur makanan lama dengan makanan baru sampai ikan koi dapat beradaptasi dengan diet barunya.

Dalam pemberian makan koi juga harus memperhatikan iklim dan suhu kolam. Hal ini sangat penting karena metabolism koi sangat tergantung iklim atau suhu air kolam. Sepeti prinsip hibernasi , pada suhu rendah fungsi respirasi dan metabolisme koi melambat, sehingga untuk pemberian makanan juga harus dikurangi begitu juga sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *