Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina

Untuk pembahasan kali ini masih seputaran ikan hias. Setelah kita mengetahui dengan detail mengenai ikan louhan, sekarang saatnya kita belajar tentang cara membedakan jantan dan betina louhan. Karena jika kita ingin beternak louhan, ini adalah hal yang wajib kita ketahui. Selain itu saat memilih anakan louhan yang sudah agak besar, kita juga harus sudah bisa menentukan jantan dan betinanya.

Membedakan Louhan Jantan dan Betina

Untuk membedakan jenis kelamin ikan louhan dapat dibedakan berdasarkan 3 hal. Pertama, amati bagian sirip dorsal jika terdapat bintik hitam besar kemungkinan betina. Kedua, warna Louhan betina tidak terlalu jelas kontras nya dibanding jantan. Ketiga, beri makan yang kenyang, coba amati jika dari perut terdapat semacam vent yang sedikit menonjol bisa dipastikan betina.

Cara beternak Louhan

Yup ternyata cara beternak ikan hias air tawar yang satu ini simple juga jika sudah terbiasa. Untuk yang ingin mulai mencoba 1 hal yang ingin saya tekankan sebaiknya benar benar gunakan indukan yang telah siap. Melihat kesiapan indukan bisa ditentukan dari ukuran ikan ini. Apa saja yang dibutuhkan & bagaimana caranya? · Mulanya siapkan akuarium dengan ukuran P 100cm, L 40cm, T 50cm · Kemudian siapkan sekat kaca di tengah akuarium persis dan masukkan induk jantan dan betina, biarkan mereka saling mengenal terlebih dahulu selama kurang lebih 4 hari · Selanjutnya amati perut betina, jika vent menyembul berarti sudah dapat untuk dicampur · Biarkan mereka melangsungkan proses, dan lihat setelah 2 hari, jika bertelur, telur telur nya terdapat di dasar akuarium. Warna telur yang dibuahi yaitu bening dan terdapat bintik spot hitam ditengahnya · Setelah itu telur memerlukan waktu sekitar 2 hari untuk menetas, jika sudah menetas sebaiknya angkat kedua indukan tersebut · Burayak tidak perlu diberi makanan dahulu selama 4 hari karena masih mempunyai egg yolk di kantung perutnya, setelah hari ke 5 burayak sudah bisa diberikan Artemia, lalu dapat juga dilanjut dengan pemberian kutu air / cacing sutra.

Nah, saya rasa demikian dulu kawan pembaca postingan tentang cara membedakan louhan jantan dan betina. Mungkin pada kesempatan yang lain saya akan bahas sedetail mungkin tiap jenisnya dan berbagai penyakit Louhan serta pengobatannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *