Cara Mudah Budidaya Ikan Hias Manfish

Ikan hias manfishUntuk tutorial kali ini saya akan mencoba membahas tentang Budidaya ikan hias manfish. Jika sering mengunjungi toko ikan hias atau sekedar jalan-jalan melihat-lihat ikan hias yang dijual di pnggir jalan pasti pernah menemukan ikan hias air tawar ini. Ketersediaannya yang cukup banyak di pasaran membuat ikan ini menjadi amat mudah ditemui di pasar ikan hias manapun. Banyaknya ikan hias ini tentu tidak terlepas dari bagaimana cara budidaya yang mudah, tidak terlalu memakan tempat, dan dan dengan permodalan yang cukup ringan dikantong!

Jika diperhatikan ikan ini sekilas mirip dengan layang laying dan memang bukan berasal dari Indonesia malainkan berasal dari Amerika Selatan, namun saat ini keberadaanya sudah sangat banyak dibudidayakan di Indonesia. Seperti yang sudah singgung sebelumnya, kalau ikan hias manfish ini begitu mudah untuk dibudidayakan dan juga tidak memerlukan tempat yang luas. Bahkan akuarium juga bisa kita gunakan untuk membudidayakan ikan ini. Cukup pada akuarium dengan 40x40cm juga sudah bisa untuk digunakan.

Cara Budidaya Ikan Hias Manfish

Untuk tahap awal yang harus kita siapkan untuk proses budidaya ikan hias manfish ini adalah pelihara lah ikan hias manfish secara massal dalam satu tempat. Untuk selanjutnya kita lakukan pemilihan pada ikan manfish yang sudah matang dan siap kawin. Untuk menemukannya juga cukup mudah, pasangan ikan manfish yang sudah matang kelamin akan memisahkan diri dari kumpulan manfish yang lain. Pada tahap ini pisahkan ikan manfish yang sudah berpasangan tersebut. Umur Rata-rata usia ikan hias manfish yang telah siap pijah yaitu 8 bulan. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa tips untuk bisa membedakan ikan manfish jantan dan betina.

Ikan Manfish Jantan

  • Ukuran tubuh Manfish jantan lebih besar daripada betina.
  • Ikan manfish jantan terlihat lebih pipih jika dilihat dari atas (dilihat sebelum Ikan diberi makan)
  • Pada bagian kepala, Ikan manfish jantan lebih besar dibanding betina.
  • Ikan manfish jantan Antara mulut hingga sirip punggung lebih cembung

Ikan Manfish Betina

  • Ukuran tubuh lebih kecil dari Manfish jantan.
  • Ikan manfish betina terlihat lebih berisi jika dilihat dari atas
  • Pada bagian kepala manfish betina lebih kecil
  • Antara mulut ke sirip membentuk garis lurus, jika ada menonjol pun hanya sedikit sekali terlihat

Setelah kita dapatkan pasangannya , langkah selanjutnya adalah memasukkan sepasang manfish ke dalam akuarium pemijahan. Dan juga pada akuarum tambahkan beberapa alat pendukung seperti aerator untuk suplay oksigen kedalam air akuraium tersebut. Kemudian siapkan potongan pipa atau bisa juga menggunakan daun pisang yang berfungsi sebagai tempat menempelnya telur telur yang akan dibuahi pejantan.

Cara budidaya ikan hias manfish
Telur Ikan Manfish menempel pada media

Jika ikan manfish betina sudah mengeluarkan telur dan menempelkan pada media yang sudah disediakan, induk jantan akan langsung membuahi telur-telur tersebut dengan menyemprot sperma penjantan ke semua telur.  Jumlah rata-rata telur ikan manfish sekali pemijahan antara 300-500 telur. Ikan hias manfish sangat suka dengan lingkungan yang tenang saat proses berpijah, jadi disarankan sebaiknya tutuplah akuarium pemijahan ikan hias manfish dengan papan triplek atau sejenisnya.

Untuk tahap selanjutnya setelah langkah pembuahan selesai, sebaiknya angkat perlahan telur telur yang menempel di media tadi ke dalam akuarium penetasan sekitar 70×50 cm. Untuk penetasan yang optimal baiknya tambahkan atau pasang Water heater dan Set pada suhu 26-28 C. dan tunggu sampai telur-telur itu menetas biasanya membutuhkan waktu 2-3 hari.

Penetasan telur ikan hias manfish
Telur ikan Manfish yang sudah menetas

Jika sudah menetas, burayak ikan manfish diberikan pakan berupa artemia, yang tentunya sudah harus anda kultur 2 hari sebelumnya. berikan artemia ini hingga umur burayak berusia 15 hari. baru setelah itu dapat dilanjutkan pemberian pakan berupa kutu air, dan setelah umur 6 minggu dapat dilajutkan dengan pemberian cacing sutra.

baca juga : 10 Fakta Menarik Ikan Hias Manfish

Selama proses pembesaran anak ikan manfish, usahakan air tetap mengalir walaupun kecil, dikarenakan sebagai sumber oksigen pengganti aerator untuk sementara. Demikian tutorial ikan hias manfish bagaimana cukup mudah kan untuk budidaya ikan hias manfish ini?. Dan yang paling penting budidaya ikan manfish ini tidak membutuhkan tempat khusus. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *