Cara Budidaya Ikan Gurame Bisnis Modal Kecil Yang Menguntungkan

Ikan gurame merupakan ikan yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Dibandingkan dengan ikan lain, ikan ini memang yang paling sering diburu oleh masyarakat Indonesia. Setiap tahunnya, kebutuhan ikan ini semakin meningkat, sedangkan yang membudidayakan ikan ini tergolong sedikit. Sebenarnya membudidayakan ikan gurame ini merupakan bisnis yang sangat menjanjikan, pasalnya caramembudidayakannya yang cukup lama, sehingga menjadikan ikan gurame mempunyai harga jual yang cukup mahal.

Dewasa ini banyak rumah makan yang menyajikan berbagai makanan dengan bahan dasar ikan gurame ditambah lagi dengan permintaan ikan guramedipasaran semakin meningkat, sehingga pasokan ikan gurame sangatlah ditunggu-tunggu. Cara budidaya ikan gurame memang tidak terlalu sulit, Anda juga dapat mencobanya dengan modal yang kecil sekalipun.Ya pembudidayaan ikan gurame ini tidak harus membutuhkan modal yang besar, yang terpenting adalah tekad dan niat Anda dalam memulai usaha.

Dengan modal yang sedikit, Anda bisa memulai usaha dengan menyediakan ikan dalam jumlah sedikit terlebih dahulu, setelah usaha Anda meningkat barulah menambah komoditas baru. Penasaran dengan bisnis yang menguntungkan ini?

Berikut adalah cara budidaya ikan gurame yang memiliki prospek tinggi.

2-cara-budidaya-ikan-gurame-3

  1. Pilihlah lokasi pembuatan kolam yang tepat agar ikan gurame dapat tumbuh dengan cepat

Langkah pertama dalam melakukan cara budidaya ikan gurame adalah pemilihan lokasi yang tepat. Kriteria lokasi yang paling baik untuk pembuatan kolamini adalah tercukupinya paparan sinar matahari secara langsung. Jadi sebaiknya jangan buat kolam di dalam ruangan, karena sinar matahari akan sulit menembus dinding, sehingga pertumbuhan dari ikan gurame akan lambat.

Habitat asli dari ikan gurame adalah di dataran rendah yang memiliki suhu 25 hingga 28 derajat celcius guna untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Hal tersebut menjadi alasan mengapa perkembangbiakan ikan gurame lebih baik dilakukan di dataran rendah daripada di dataran tinggi. Ikan gurame ini hanya mampu berkembangbiak secara optimal jika berada di ketinggian maksimal 800 mdpl. Setelah mengetahui lokasi yang cocok untuk mengembangbiakkan ikan gurame, semoga Anda juga mempertimbangkan hal penting yang telah disajikan tersebut.

  1. Konstruksi Kolam

Kolam merupakan sarana penting dan harus diperhatikan oleh peternak ikan gurame. Umumnya terdapat 3 jenis kolam yang bisa Anda gunakan untuk membudidayakan ikan gurame, yaitu kolam semen, kolam tanah, kolam terpal, dan dapat juga menggunakan keramba jaring apung. Untuk membudidayakan ikan gurame Anda memerlukan kolam berukuran 5 m x 10 m.

Bagi Anda yang lahannya tidak cukup luas, bisa menggunakan kolam terpal sebagai media pembudidayaan ikan gurame. Pada dasarnya, ikan gurame membutuhkan air yang cukup, jadi jika menggunakan kolam terpal tidak menjadi masalah, asalkan kebutuhan airnya terpenuhi. Dengan perawatan yang baik, ikan gurameakan tumbuh dengan baik pula. Sebaiknya lakukan penggantian air sebanyak satu kali dalam satu minggu, karena jika sudah satu minggu air kolam sudah kotor akibat dari sisa pakan dan juga kotoran ikan.Selain itu, air kolam juga sudah berkurang akibat dari penguapan. Maka dari itu kolam perlu dilakukan pengurangan dan juga penambahan air sebanyak 30% supaya sirkulasinya tetap terjaga dengan baik.

  1. Pilihlah ukuran benih yang masuk ke dalam kategori sehat

Benih yang tergolong sehat adalah yang mempunyai berat sekitar 100 gram atau ikan gurame yang sudah berumur kira-kira satu tahun. Dengan memilih benih yang sudah siap untuk dibudidayakan tersebut, Anda tidak akan menunggu lama untuk proses pemanenan dan ikan gurame yang Anda budidayakan dapat segera dijual ke pedagang-pedagang di pasar tradisional, pasar modern, maupun direstoran-restoran yang membutuhkan ikan gurame. Ikan gurame yang sudah siap panen dan siap untuk dijual setelah memiliki berat kira-kira 500 gram. Cara budidaya ikan gurame ini, sebaiknya menggunakan benih yang baik dan berkualitas. Untuk membeli benih gurame ini sebaiknya Anda membeli benih dari lokasi pembudidayaan di tempat lain yang tempatnya tidak jauh dari tempat Anda membudidayakan ikan gurame, ini bertujuan agar ikan gurame tidak kesulitan dalam melakukan adaptasi.

2-cara-budidaya-ikan-gurame-2

  1. Berilah pakan dan protein nabati yang cukup agar ikan gurame dapat tumbuh dengan cepat

Pakan ikan gurame yang baik adalah pakan yang mengandung unsur nabati dan juga hewani. Jadi alangkah baiknya, Anda melakukan cara budidaya ikan gurame dengan menggabungkan kedua unsur tersebut. Pakan yang mengandungan protein hewani adalah salah satu faktor yang dapat menjadikan ikan gurame menjadi lebih cepat besar. Anda bisa memberikan pakan hewani setidaknya sebesar 25 % atau lebih.

Makanan hewani tersebut biasanya diberikan ikan gurame saat masih menjadi benih, karena saat masih menjadi benih ikan gurame bersifat karnivora .Sebenarnya, makanan pokok dari ikan gurame ini adalah pellet. Berilah pakan pellet 2 kali sehari sebesar 30% . Untuk mencukupi kebutuhan protein nabati, Anda bisa memberikan pakan kepada ikan gurame berupa daun alas, daun singkong, daun kangkung, ubi jalar, daun pepaya dan juga selada air. Agar lebih cepat lagi dalam pertumbuhan ikan gurame, Anda dapat menambahkan enzim komplek setidaknya sebesar 2 % yang berasal dari pakan pabrik.

  1. Lakukanlah pencegahan penyakit dengan pengeringan kolam

Ikan gurame dapat terjangkit berbagai penyakit seperti penyakit jamur dan juga penyakit lainnya, alangkah baiknya Anda melakukan pengeringan kolam selama 10 hari hingga 14 hari serta taburkanlah kapur untuk pertanian dengan jumlah 100 – 200 gram per meter persegi sebelum dilakukannya pembenihan. Peralatan yang digunakan untuk melakukan cara budidaya ikan gurame juga sebaiknya dimasukkan ke dalam kaporit lalu direndam sebentar dan kemudian dikeringkan.

Dengan perendaman menggunakan kaporit ini, peralatan tersebut akan steril dan tidak menimbulkan penyakit untuk ikan gurame. Dalam melakukan pembudidayaan ikan gurame ini kesehatan adalah faktor penting dalam menjaga kualitas ikan gurame agar selalu segar dan berkualitas. Kualitas ikan yang baik akan banyak diburu dan diminati oleh pembeli, jadi faktor kebersihan dan kesehatan harus selalu dijaga. Kolam ikan dan peralatan yang bersih akan menghasilkan ikan yang sehat. Jika ikan gurame Anda sudah terlanjur terkena penyakit jamur, Anda tidak usah khawatir dan tidak perlu membuang ikan ini. Langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan memisahkan ikan yang terkena penyakit jamur tersebut lalu rendamlah dengan menggunakan air garam sekitar 20 mg per liternya dan rendam ikan tersebut selama satu jam.Langkah tersebut dipercaya dapat menyembuhkan ikan dari penyakit jamur.

  1. Pemanenan ikan gurame

Ikan gurame yang sudah siap panen biasanya beratnya mencapai 500 gram. Namun Anda juga perlu menyesuaikan dengan permintaan pasar. Metode pemanenan pun bisa Anda lakukan dengan jaring dan setelah ikan tinggal sedikit lakukan pengeringan.

Cara budidaya ikan gurame

Itulah informasi mengenai cara budidaya ikan gurame yang akan menjadi bisnis menguntungkan jika Anda memulainya dengan serius. Pertahankanlah kualitas dari ikan gurame agar selalu baik dan dengan begitu pelanggan akan setia menunggu pasokan dari ikan gurame Anda. Selamat berbisnis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*