5 Tanaman Air Yang Banyak Digunakan Dalam Aquascape

tanaman HC cuba

Banyak pilihan tanaman aquascape yang bisa digunakan untuk memperindah isi akuarium kita. Dari mulai yang murah sampai yang mahal harganya, dari yang mudah sampai dengan yang membutuhkan spesipikasi tinggi untuk merawatnya. Bagi pemula yang ingin terjun ke dunia Aquascaping mungkin akan kebingungan untuk memilih tanaman yang akan digunakan, terlebih lagi nama-nama yang digunakan tidak begitu pamiliar di telinga kita.

Sebagai penggemar aquascape pastinya kita juga ingin mengetahui nama jenis-jenis dari tanaman aquascape yang saat ini sudah banyak djual dipasaran, terutama untuk tanaman aquascape yang sudah popular atau umum. Tasikoi telah memilik beberapa tanaman yang popular digunakan dalam aquascape. Dan ini adalah nama-nama tanaman aquascape yang umum sehingga tidak akan sulit ditemukan dipenjual-penjulan tanaman aquascape atau toko ikan hias.

5 Tanaman Air Yang Banyak Digunakan Di Aquascape

  1. Hemianthus Callitrichoides “Cuba”

Hemianthus Callitrichoides  atau dikalangan penghobi lebih popular dengan nama HC “Cuba” merupakan tanaman klasik yang sudah terkenal dikalangan penghobi. HC “cuba” mungkin tanaman yang sangat terkenal diantara semua tanaman untuk aquascape. Yang menjadikan tanaman ini sangat terkenal adalah kemampuan uniknya yang bisa menciptakan tanaman seperti karpet pada seluruh bagian akuarium dengan warna hijau terang. Sehingga hal ini lah yang menjadikan HC “cuba” ini menjadikan tanaman ideal untuk berbagai gaya akuarium.

tanaman HC cuba

Tanaman ini tumbuh cepat dan akan menyebar kesamping menutupi bagian subtrate. Namun, HC “cuba” ini membutuhkan pencahayaan yang tinggi dan juga tambahan CO2 untuk menghasilkan tanaman karpet berwarna hijau terang seperti yang sering kita lihat dalam aquascape –aquascape yang memenangkan kejuaran layout contest. HC “cuba” ini sangat cocok untuk aquascape bergaya akuarium bergelombang seperti Iwagumi. Tanaman ini bisa memberikan efek bukit berumput atau padang.

  1. Rotala Green

Tanaman Rotala merupakan tanaman background atau tanaman pada posisi belakang. Tanaman rotala ini juga sangat disukai penghobi karena daun kecilnya dan juga mudah tumbuh. Rotala juga sangat mudah untuk menyebar atau dibudidayakan. Tanama rotala ini termasuk kedalam stem plant sehingga untuk memperbanyak cukup potong pada batangnya dan tanaman rotala akan mulai tumbuh kembali beberapa hari kemudian.

tanaman rotala green

Rotala memiliki daun kecil dan halus, hal ini akan memberikan kedalaman visual pada aquascape. Saat ini Ada banyak jenis Rotala yang muncul di kalangan penghobi dengan berbagai jenis baik warna hijau atau warna merah dengan juga dengan berbagai ukuran. Rotala Hijau tetap yang paling popular karena dapat digunakan dalam setup pencahayaan tinggi sampai ke pencahayaan yang rendah. Mudah untuk berkembang biak dan juga mudah untuk dirawat.

  1. Christmas Moss

Semua Jenis moss memang cocok untuk dimasukan kedalam aquascape tidak hanya Christmas moss saja, Moss akan selalu digunakan dalam dunia aquascaping. Nama Christmass Moss merupakan yang paling popular dan umum yang banyak digunakan sebagai pemanis untuk jenis aquascape apapun. Tanaman Moss ini sangat mudah untuk tumbuh baik itu dalam pencahayaan tinggi ataupun rendah.

tanaman Christmas Moss

Tanaman moss selain untuk memperindah aquarium juga memiliki kemampuan unik sebagai filter alami. Moss mengkonsumsi nitrat yang ada pada akuarium. Tidak ada bedanya dengan Christmass Moss, tanaman ini akan membersihkan air akuarium ketika tumbuh menutupi batu atau kayu atau bahkan tumbuh di substrate. Daun yang halus seperti lumut membuat Christmass Moss menjadi pilihan yang pas dalam membuat batu dan kayu terlihat alami. Selain itu moss juga mudah digunakan dan harganya murah serta sangat mudah untuk dicari dipenjual-penjual tanaman hias air.

  1. Needle Leaf Java Fern (Microsorum Pteropus Narrow)

Para penghobi pasti sudah tida asing dengan tanaman Java Fern atau dikenal juga dengan nama kadaka, daun besar yang lebat dengan tingkat pertumbuhan yang sangat cepat yang akan mendominasi akuarium dan menggangu keseimbangan. Needle Leaf Java Fern menawarkan sisi berbeda yang menakjubkan. Berbeda dengan kadaka, kadaka Needle memiliki daun tipis sehingga terlihat sangat berbeda. Tanaman ini bisa sangat menakjubkan ketika ditempelkan pada kayu dan dibiarkan tumbuh secara sporadis di dalam kolom perairan terbuka.

Tanaman Needle Leaf Java Fern

Needle leaf Java Fern membuat tampilan yang sangat alami. Tidak seperti Java Fern yang standar mereka tumbuh jauh lebih lambat dan lebih kecil. Tapi seperti Java Fern , needle leaf hanya membutuhkan tingkat cahaya yang rendah agar tumbuh degan sehat, walupun fern ini juga akan berkembang di setup pencahayaan tinggi. Pertimbangkan tanaman ini karena merupakan tanaman tambahan yang sangat bagus untuk jenis akuarium apapun.

  1. Anubias

    Tanaman air anubias

Tanaman terkahir yang sangat popular dikalangan penghobi aquascape adalah Anubias. Anubias memang selalu menjadi pilihan dan pemenang dalam koleksi tanaman aquascape. Tanaman anubias ini sangat sempurna dalam dekorasi kayu dan hardscape, menghasilkan aquascape bernuansa alami. Tanaman Anubias ini juga tumbuh dengan lambat, berkembang dengan baik dalam semua kondisi pencahayaan dan juga sangat mudah untuk diperbanyak. Harga jual tanaman ini juga tidak terlalu mahal dan dapat ditemukan dengan mudah di sebagian besar toko ikan hias atau toko khusus aquascape. Penulis sangat mensarankan untuk membeli beberapa Anubias untuk akuarium, dan saya jamin anda tidak akan menyesalinya.

Demikian tanaman yang sangat popular dikalangan penghobi aquascape. Tanaman ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memperindah akuraium dengan tanaman hias. Tanaman air ini juga sangat mudah ditemukan dilingkungan penghobi dengan harga jual yang murah tentunta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*