5 Ikan Cichlid Terbaik Yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

Ikan cichlid terbaik untuk pemula

Ikan cichlid terbaik untuk pemulaKeluarga Cichlidae merupakan keluarga ikan terbesar yang terdiri lebih dari 2.000 spesies. Sebagian besar Jenis-jenis ikan cichlid ini bisa banyak ditemukan di toko-toko ikan hias, tetapi bisa kita bayangkan dengan berbagai macam spesies yang bervariasi sebanyak itu tentu akan menyulitkan kita untuk memilih spesies yang tepat untuk kita pelihara. Terutama bagai kita yang baru terjun ke dunia hobi Ikan hias.

Sebenarnya sudah ada beberapa jenis spesies ikan Cichlid yang sudah popular dikalangan penghobi. Beberapa spesies yang paling popular diantaranya, seperti ikan Oscar, dimana ikan ini termasuk kedalam jenis yang terbesar dan tentu saja memerlukan ukuran akuarium yang besar juga dan filtrasi yang baik untuk mendukung pertumbuhannya.

Asal Daerah dari ikan Cichlid ini berada di Amerika Selatan tetapnya dari Negara Kolombia bagian atas (utara) sampai ke ujung Chili. Dengan berbagai kondisi dan juga Qualitas air yang berbeda, menghasilkan sejumlah besar variasi antara jenis jenis ikan Cichlid ini. Namun, secara umum, ikan Cichlid ini berada tinggal di air asam (pH 5 – 6) dan air netral (pH 7).

Namun tidak semuanya, ada juga beberapa yang ditemukan pada air payau, yang merupakan percampuran air tawar dan air laut. Seperti pada kebanyakan Ikan hias lainnya, kebanyakan ikan tropis membutuhkan suhu 24 – 27C dan juga sebagian besar merupakan hewan karnivora. Dengan banyaknya pilihan ikan Cichlid, pada pembahasaan sekarang ini , tasikoi akan memberikan tips untuk memudahkan kita mencari jenis ikan Cichlid yang cocok untuk pemula, berikut ini adalah 5 ikan cichlid terbaik dari Amerika Selatan mudah diperlihara terutama untuk pemula.

5 Cichild Terbaik Yang Mudah dipelihara dan Cocok bagi Pemula

1. German Blue Ram (Mikrogeophagus Ramirezi)

German Blue Rams merupakan ikan Cichlid yang asli berasal dari lembah sungai Orinoco. Jika dibandingkan dengan ukuran Cichlid pada umumnya , german Blue Ramirezi merupakan ikan cichlid berukuran kecil, panjangnya hanya sekitar 5cm dan sangat cocok dengan akuarium berukuran 15 galon.

ikan ramirezi indah
Sepasang Ikan Hias Ramirezi

Bisa saja ikan jenis ini dimasukan kedalam Akuarium berukuran 10 galon, namun perlu diingat ikan Ramirezi ini merupakan ikan teritorial. Mereka akan selalu berada dan mempertahankan wilayahnya walaupun sendirian, jadi sebaiknya gunakan satu saja, contoh betina saja, atau sepasang ,1 jantan 1 betina, kecuali ruang yang cukup luas yang menyediakan wilayah untuk masing-masing pasangan. Jadi jika kita ingin memelihara dua pasang, kita harus menyediakan ukuran akuarium yang besar, agar aman untuk ikan Cichlid ini tinggal.

Jika dengan Ikan spesies lain ikan Cichlid agak tidak peduli, sehingga ikan ramirezi aman jika digabung dengan ikan teritorial lainnya. Tetapi jika dalam akuarium kita ada udang, ini yang harus dihindari, hindari jika ada udang kecil, karena ini akan dengan mudah menjadi makanan ringan bagi Ramirezi. Ikan yang bisa digabung dengan ramirezi diantaranya seperti semua jenis Tetra, rasboras, corydoras, loaches, Pleco, dan ikan barb yang kurang agresif.

Ikan ini menyukai air dengan pH yang netral sampai ke tingkat yang sangat rendah (pH 4 – pH 7) dan dapat mentolerir suhu yang sedikit lebih tinggi (24-28C).

Untuk Jenis makanan, tidak perlu hawatir karena ikan ramirezi ini termasuk kedalam ikan karnivora yang siap menerima makanan apa saja, makanan cacing kering, dan makanan beku seperti bloodworm, udang air asin, atau blackworm. Dengan pemberian berbagai penambahan variasi udang akan membawa keluar warna terbaik mereka.

Menariknya, jika ikan ramirezi ini dipelihara dalam substrat yang berwarna gelap mereka cenderung lebih berwarna daripada jika mereka dipelihara dalam substrat berwarna putih atau terang.

2. Cockatoo Cichlid (Apistogramma Cacatuides)

Ada banyak spesies dalam genus Apistogramma, terutama yang berkelamin jantan warnanya berwarna-warni. Untuk perawatan ikan Cockatoo Cichlid tidak jauh berbeda dengan Ramirezi.

Ikan Cockatoo Cichlid merah

Ikan Cockatoo juga sangat teritorial dengan jenis Apistogrammas lainnya dan ikan dengan jenis yang sama seperti ramirezi. Oleh karena itu biasanya cukup hanya satu saja jika ditempatkan dalam akuarium. Untuk membedakan ikan Cockatoo jantan dan betina bisa dilihat dikuran badanya biasanya yang Jantan sedikit lebih besar (7,5cm) dari pada betina (5cm) dan ikan cockatoo jantan jauh lebih berwarna. Warna-warna ini digunakan untuk menarik pasangan dengan menonjolkan warna cerah yang berarti memiliki kesehatan dan kejantanan.

Ikan Cockatoo tergolong kedalam ikan micropredator jadi bisa memakan apa saja termasuk makanan beku seperti bloodworm, cacing tubifex, blackworm, udang air asin, dll apalagi jika disajikan dalam serpihan-sepihan kecil seperti kripik mereka sangat menyukainya, tak kecuali yang ditangkap di alam liar. Mereka mungkin akan memakan makanan seperti predator kecil.

Ikan Cockatoo merupakan ancaman yang potensial untuk udang berukuran kecil sehingga hindari untuk menggabungkan ikan ini dengan akuraium yang berisi udang. Namun jika digabung dengan ikan lainnya itu bukan menjadi masalah karena ikan ini bukan ikan pengganggu dan bukan ikan yang suka menggigit sirip ikan lainnya dalam agresi mereka untuk mengusir jauh ikan dari teritorinya.

Ikan Cockatoo ini berasal dari lembah sungai Amazon, sehingga unuk keasaman air harus memiliki pH yang netral menuju soft (pH 5-7). Seperti yang sudah dibahas sebelumnya ikan Ikan Cockatoo ini termasuk ikan teritorial yang lebih besar dari ramirezi, Jadi 20 galon merupakan ukuran akuarium minimum untuk sepasang Cockatoo. Untuk Suhu, idealnya berada dikisaran 24-27C.

Ikan ini juga termasuk omnivora jadi tidak akan terlalu sulit untuk menemukan makanan bagi ikan Cockatoo. Ikan ini bisa diberi makan serpihan kering pelet, makanan beku seperti bloodworm dan udang. Ikan ini benar-benar ikan yang unik yang membuatnya menjadi pusat keindahan di dalam akuarium yang berisikan ikan hias kecil.

3. Severum (Heros serverus)

Ikan Severum merupakan yang terbesar dalam daftar ikan Cichlid ini, tetapi bukan yang paling agresif. Walaupun rata-rata ukuran ikan ini termasuk kedalam ikan yang berukuran antara 20-25cm, mereka tidak memakan dan menyerang ikan lainnya.

Ikan Severum Hero serverus

Ikan Severum ini bisa ditemukan di jantung hutan Amazon sampai ke bagian bawah Kolombia, ikan ini sering ditemukan dalam perairan dalam dengan aliran relatif tenang yang penuh dengan pohon-pohon tumbang dan akar-akar pohon. Untuk keasaman Ikan Severum lebih memilih pH rendah tetapi masih bisa beradaptasi dengan rentang pH 5 -7.

Karena ikan Severum ini bukan ikan penggangu jadi ikan ini bisa digabung degan ikan hias lainnya seperti dari keluarga tetra yang relatif kecil hingga ikan cichlid predator besar seperti Oscar atau bahkan ikan seperti arwana. Ukuran ikan Severum ini cukup besar sehingga jarang diganggu oleh ikan lain dan ikan ini cinta damai sehingga mereka hanya akan mencoba untuk memakan ikan paling kecil. Dan untuk memelihara 1-2 severum setidaknya harus memakai akuarium berukuran 75 galon.

4. Rainbow Cichlid (Herotilapia multispinosa)

Sesuai namanya pemberian nama Rainbow cichlids ini karena warna-warni ikan yang intens seperti pelangi. Apalagi jiga tumbuh dewasa ikan ini semakin menunjukan keindahannya. Ikan Rainbow Cichlid ini bisa ditemukan di perairan Nikaragua sampai ke daerah Kosta Rika, secara teknis ikan ini merupakan spesies ikan Amerika Tengah.

Ikan Rainbow Cichlid Herotilapia multispinosa

Ukuran Rainbow Cichlid relatif kecil, panjang tubuh ikan ini sekitar 13-17,5cm. Ikan ini juga tidak terlalu agresif seperti ikan cichlid pada umumnya dan dapat dipelihara bersama-sama dengan ikan lainnya seperti ikan tetra, ikan Loricariidae, Barb, bahkan loaches.

Ikan Rainbow Cichlid adalah omnivora dengan preferensi memakan alga dan harus diberi makan sebagian besar berbasis spirulina tetapi ikan ini juga akan memakan bloodworm beku dll. Sebuah akuarium berukuran 30 galon cocok untuk 1-2 ekor rainbow cichlid dengan beberapa ikan hias lainnya. Ikan Rainbow Cichlid bisa mentolerir suhu pada kisaran 24-28C dan kisaran pH antara 7-8.

5. Blue Acara (Aequidens Pulcher)

Ini adalah ikan terkahir yang termasuk kedalam 5 Cichild Terbaik untuk Pemula, Blue Acara. Ikan Blue Acara dewasa akan mengeluarkan warna gelap kebiru-biruan yang khas. Ikan ini berasal dari Trinidad dan Tobago, serta Venezuela.

Ikan Blue Acara Aequidens Pulcher

Ikan Blue Acara umumnya merupakan spesies yang tidak agresif, walaupun demikian ikan ini merupakan penggali yang aktif dan bisa menghancurkan banyak tanaman hidup. Jadi ikan ini kurang cocok jika dipelihara didalam aquascape. Ikan ini tumbuh panjang berukuran relatif kecil 8-12cm, sepasang blue acara atau yang dewasa single dapat ditempatkan didalam akuarium berukuran 20 galon.

Ikan Blue Acara dapat gabungkan dengan sebagian besar ikan hias lain termasuk corydoras, Loricariidae, dan semua keluarga tetra. Ikan ini tidak akan memakannya karena terlalu besar untuk muat di mulut ikan blue acara.

Seperti ikan hias pada umumnya keadaan air yang cocock untuk ikan blue acara ini harus bersuhu antara 24-27C dengan pH netral (pH 7-7,8). Idealnya didalam akuarium diberikan substrat berpasir yang membuat mereka dapat dengan mudah memanipulasi diri bermain didalam pasir sesekali. Untuk makanan ikan blue acara ini tidak terlalu rewel ikan ini bisa makanan apa saja dan harus diberi makan berbasis daging seperti pelet, bloodworm, blackworm, dll

Ke-lima Ikan ini secara umum dianggap sebagai ikan cichlid yang cocok untuk pemula yang sangat baik dan umumnya kuat bertahan didalan akuarium peliharan kita. Jadi bagi anda yang berniat ingin memelihara ikan Cichlid , ini bisa menjadi pilihan yang bagus sebagai pengisi akuarium hias dirumah.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*