10 Fakta Menarik Ikan Hias Angelfish, Manfish atau Ikan Layang-layang

ikan hias angelfish manfish

Ikan hias manfish atau dikenal juga dengan ikan Angelfish merupakan salah satu ikan hias akuarium air tawar yang indah dan sangat populer, dan pastinya gerakan ikan ini sangat tenang , bentuknya juga indah yang akan menambah banyak warna dan keindahan untuk isi Akuarium kita. Namun, ikan angelfish bukanlah ikan yang mudah untuk dirawat kecuali kita sudah mengetahui selukbeluk perawatan tentang ikan angelfish ini.

Ketika melihat ikan manfish kita pasti tidak akan asing , Anda pasti pernah melihat keindahan ikan angelfish yang dijual di toko-toko akuarium atau penjual ikan hias, tapi mungkin diantara kita ada yang belum benar-benar mengetahui fakta penting tentang ikan hias manfish ini. Berikut ini ada beberapa fakta yang sangat menarik  sebagai tambahan informasi sebagai penghobi atau penggemar ikan hias manfish.

  1. Termasuk Ikan Cichlid

Walau bentuknya berbeda dengan saudaranya, ternyata ikan hias Angelfish ini merupakan anggota air tawar dari keluarga cichlid, dan juga ikan ini berasal dari daerah Amerika Selatan. Keluarga ikan cichlid mencakup ikan populer lainnya seperti Oscar, Jack Dempseys, ikan kakaktua dan diskus.

Baca juga : 5 ikan cichlid yang mudah dipelihara

  1. Ikan Karnivora

Ikan hias manfish atau Angelfish secara alami termasuk kedalam ikan karnivora, sehingga mereka perlu diberi makan dengan makanan yang tepat untuk membantu pertumbuhan agar ikan ini bisa mencapai ukuran yang optimal dan tetap sehat tentunya. Makan terbaik yang bisa kita berikan untuk makan sehari-hari biasanya seperti serpih atau pellet yang diformulasikan untuk Angelfish, dan tambahkan juga suplemen ikan dengan memberikan pakan hidup seperti udang kecil, bloodworms dan daphnia yang bisa kita jumpai disekitar kita atau di penjual ikan hias.

  1. Bisa Tumbuh Hingga 25cm

Ikan manfish terbesarUkuran ini memang sangat besar untuk ukuran ikan hias karena rata-rata ikan hias angelfish yang dirawat baik akan mencapai panjang sekitar 15cm pada usia dewasa, yaitu sekitar satu setengah tahun pemeliharaan. Jika ikan ini dipelihara didalam akuarium atau wadah yang sangat besar dan tidak penuh sesak, pertumbuhan ikan ini bisa mencapai hampir 25cm, meskipun dengan ukuran ini akan menjadi cukup langka berada dipenangkaran.

  1. Baik Dipelihara Sejenis

Ikan Anglefish sering dianggap sebagai ikan yang baik yang dapat hidup berdampingan dengan berbagai spesies ikan hias tropis lainnya. Meskipun hal ini benar adanya apalagi ketika ikan manfish ini masih dalam keadaan muda. Namun ketika menginjak usia dewasa ikan hias angelfish ini menjadi lebih teritorial dan agresif dengan ikan lain. Oleh karena itu, untuk mencegah hal itu terjadi lebih baik untuk memelihara ikan ini dalam akuarium terpisah ketika dewasa atau memeliharanya dalam satu jenis.

  1. Butuh Kondisi Akuarium Tertentu

Peliharalah ikan hias angelfish dalam akuarium dengan ukuran besar agar ikan bisa hidup leluasa, dan pastikan ikan ini mendapatkan sistem filtrasi yang baik yang tidak menciptakan arus yang berlebihan di dalam air karena ikan angelfish bukanlah perenang yang gesit. Kondisi air yang tepat juga dapat mengurangi stres pada angelfish dan menjaga kondisi kesehatan agar lebih bahagia tentunya.

Kondisi ideal untk ikan hias angelfish:

  • Kisaran suhu 23C sampai 25C Jika sebagai peliharaan saja
  • Suhu 26C untuk Kondisi pemijahan
  • Rata-rata kisaran pH 6,5-6,9
  1. Rawan Terkena LCK

LCK adalah kondisi dimana sebuah parasit oportunistik bisa menyerang secara cepat setiap saat kondisi dalam begbagai kondisi, dan Ikan angelfish sangat rentan terhadap penyakir ini. Parasit dapat menyebar dari satu ikan ke ikan lainnya, dan juga bisa berada didalam akuarium itu sendiri bahkan sebelum kita isi ikan. Kepadatan penghuni akuraium, kondisi air yang buruk dan pola makan yang tidak sehat dapat menjadi berkontribusi utama terhadap kutu LCK.

  1. Ikan Yang Menyimpan Telurnya (Egg Layers)

Secara umum ikan biasanya melahirkan bayi mereka atau meletakan telur yang sudah dibuahi dan menetas nantinya. Sedangkan ikan hias Angelfish ini termasuk kedalam kategori ikan meletakan telurnya (egg laying).

Ikan Anglefish bertina lebih memilih untuk meletakan telurnya dalam barisan yang rapi di atas batu yang terendam yang bersandar pada dinding tangki. Sedangkan Ikan Angelfish Jantan akan mengikutinya dari belakang dan menggunakan papilla sendiri untuk membuahi masing-masing telur tersebut secara individu.

telur ikan manfish
Telur Ikan Manfish

Jika proses pembuahan ini berhasil, tidak lama kita bisa melihat anak ikan angelfish yang mulai menggeliatkan ekor-ekor mereka. Biasaya proses ini membutuhkan waktu sekitar dua hari, meskipun mereka masih melekat pada media atau pada batu. Pada tahap selanjutnya Anak ikan akan bisa berenang bebas sekitar hari lima kemudian, dan mereka akan mulai mencari makanan sendiri sekitar tujuh hari setelah mereka telah habis menyerap kuning telur dari telur mereka sendiri.

untuk budidaya baca juga : Cara Mudah Budidaya Ikan Manfish

  1. Sulit Membedakan Jantan dan Betina

Tidak seperti beberapa jenis ikan lainnya, untuk ikan manfish atau angelfish ini biasanya kita akan kesulitan membedakan antara ikan Angelfish Jantan dan betina. Kecuali ketina betina siap untuk kawin atau siap dibuahi. Kedua jenis kelamin memiliki organ yang disebut papilla yang terletak antara anus dan sirip ventral.

Ketika betina sedang gravid, atau ketika ikan betina ini sedang membawa telur, papilla ikan betina menjadi sedikit membesar dan memiliki ujung tumpul. Ketika jantan mengetahui betina hamil, papilla nya juga akan membesar sedikit, tetapi memiliki ujung yang lebih runcing. Ini merupakan cara agar kita bisa membedakan antara jenis kelamin ikan angelfish, namun tentu saja hal ini tidaklah mudah.

Mungkin yang sudah menjadi kepastian adalah bahwa setiap angelfish yang bertelur adalah berjenis kelamin betina. Setiap angelfish lainnya dalam akuarium yang tidak menjadi gravid atau yang tidak ada ketertarikan kepada ikan betina hamil bisa jadi karena mereka juga betina atau ikan jantan yang tidak tertarik pada pasangan dan pembiakan.

  1. Angelfish Air Tawar Memiliki Banyak Jenis
Ikan Manfish Philippine Blue
Philippine Blue

Ikan hias Angelfish air tawar yang asli adalah ikan berjenis perak standar. Namun, mutasi pada pewarnaan Ikan standar sudah banyak dilakukan, dan peternak telah memanfaatkan ikan angelfish untuk menciptakan banyak varietas warna yang menarik dan juga indah. Salah satu jenis yang terbaru adalah Phillipine biru, yang benar-benar menampilkan beberapa warna biru.

Varietas Angelfish  populer lainnya:

  • Marbles
  • Zebra
  • Macan Tutul
  • Setengah Hitam
  • Veils
  • Golds
  1. Angelfish Air Laut

Ada juga banyak spesies angelfish yang berada di laut dengan berbagai warna yang menyerupai pelangi, dan masing-masing jenis ini memiliki persyaratan perawatan sendiri-sendiri. Mungkin Jika kita ingin mencoba tantangan dengan merawat akuarium air asin, kita bisa menemukan spesimen yang unik yang dijual di toko akuarium yang menjual perlengkapan atau khusus untuk ikan air asin.

Sebuah Jenis Ikan Berharga untuk Koleksi

Meskipun ikan angelfish ini memberikan tantangan tersendiri untuk kita penghobi ikan hias atau secara perawatnya, secara umum ikan hias ini masih tidak sulit untuk dipelihara tidak seperti kerabat ikan cichlid yang lain seperti ikan diskus. Tips sederhananya cukup berikan ikan angelfish ini sebuah akuarium berukuran besar, jaga kondisi air dan kebersihan, dan beri mereka makanan yang sehat. Jika kita bisa melakukan perawatan itu, kita mungkin bisa memelihara dan membesarkan Angelfish hingga menjadi dewasa yang indah dan mengesankan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*